DPRD Torut Gelar Rapat Paripurna Laporan Hasil Reses Masa Sidang 1 Tak Dihadiri Bupati

  • Bagikan

Ketua DPRD Torut menyerahkan hasil reses masa sidang 1 kepada Pj.Sekda Torut Salvius Pasang usai rapat paripurna.Kamis,10 Maret 2022.–albert tinus–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Toraja Utara gelar rapat paripurna laporan hasil reses masa sidang I Tahun 2022, di ruang sidang DPRD Toraja Utara.Kamis,10 Maret 2022.

Paripurna tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Toraja Utara, Nober Rante Siama didampingi Ketua I Calviyn Para’pak dan Ketua II Semuel T Lande, dengan dihadiri Pj. Sekda Toraja Utara, Salvius Pasang serta sejumlah kepala OPD.

Dari Lima Daerah Pemilihan  (Dapil) yang ada, masing-masing mewakili Dapilnya untuk membacakan hasil reses sebagai usulan dari aspirasi masyarakat untuk selanjutnya dibahas dalam tahapan berikutnya.

Laporan Dapil I dibacakan Yusuf Tangke Manda.  Selain puluhan usulan yang dibacakan juga menyampaikan terkait dengan lokasi pemakaman yang ada di Buntu Lepong, yang katanya saat ini sudah mulai penuh, sehingga hal itu diminta kepada pemerintah daerah segera mencarikan solusinya.

Selain itu, menyoroti tentang pemasangan rambu-rambu lalulintas dalam wilayah kota rantepao yang katanya terkesan tidak melalui pengakajian, dan tidak dipatuhi oleh masayarakat.

Dapil II, dibacakan Lembong Mandila, ada lebih seratus usulan yang disampaikan. Lembong Mandila menyoroti tentang masih seringnya ada kemacetan pada titik-titik tertentu dalam Kota Rantepao, untuk itu perlu segera dilakukan penertiban.

Dapil III, dibacakan Ratte Salurante, ada puluhan usulan yang disampaikan. Ratte menyebutkan saat reses dilakukan banyak menerima keluhan dari masyarakat terkait dengan tidak terakomudirnya  pembangunan dalam wilayahnya.

Ratte beri contoh, semisal di Kecamatan Rantebua ada salah satu lembang yang sampai saat ini belum pernah tersentuh program pembangunan pemerintah, sehingga hal itu perlu ada perhatian khusus dari pemerintah agar masyarakat di lembang tersebut juga bisa merasakan pembangunan.

Ratte juga berharap kepada pemerintah agar hasil reses yang benar-benar sudah diprioritaskan berdasarkan usulan masyarakat agar diakomodir pemerintah daerah benar, jangan sampai ditiadakan.

Dapil IV,  juga mengusulkan puluhan usulan program. Hasil reses di di Dapil IV ini selain meminta perhatian pemerintah terkait pembangunan infrastruktur juga mengharapkan adanya bantuan bibit holtikultura  dan memaksimalkan tugas-tugas penyuluh.

Dapil V, juga mengusulkan puluhan usulan program. Dari puluhan usulan  tersebut, katanya masyarakat sangat berharap  agar program diusulkan itu dapat direalisasikan oleh pemerintah daerah untuk kemajuan dan kesejahteraan Masyarakat dalam wilayah DPIL tersebut.

Dari semua usulan yang disampikan kelima Dapil tersebut, Pj. Sekda Toraja Utara, Salvius Pasang menyampaikan apresiasinya kepada DPRD yang telah memberikan masukan, usulan dan saran kepada Pemkab Toraja Utara.

“Legislatif dan Pemkab punya perhatian yang sama dan niat yang tulus untuk mengambil langkah-langkah menuju perencanaan  yang baik. Dari lima Dapil sudah mengajukan usulan programnya dan sudah diterima. Kita akan melakukan akselerasi sesuai tahapan-tahapan perencanaan berdasarkan aturan yang ada,” kata Sekda.

Sekda juga jelaskan Bupati Tak hadir mengikuti rapat paripurna karena ada kegiatan juga yang sangat penting .(albert tinus)

  • Bagikan