Tiga Nama Balon Wabup Lutim Masih Digodok DPP Golkar

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI-– Tiga di antara lima nama bakal calon wakil bupati Luwu Timur yang didorong DPD II, kini sementara digodok di DPP Golkar. Hanya saja, ketiga nama itu masih dirahasiakan.

Sekretaris DPD I Golkar Sulsel , Andi Marzuki Wadeng mengakui kalau tiga nama Bakal Calon (Balon) Wakil Bupati Luwu Timur sudah di tangan DPP Golkar.

“Sekarang kita dalam posisi menunggu siapa tiga nama tersebut yang mendapatkan rekomendasi langsung dari DPP,” kata Andi Marzuki Wadeng saat dikonfirmasi Palopo Pos, Senin , 21 Maret 2021.

Menurutnya, sebelumnya, ada lima nama yang diusulkan DPD II Golkar Luwu Timur. Setelah melalui proses, hanya tiga yang dikirim ke DPP. ”Siapa ketiga nama itu, ya nanti kita sampaikan setelah ada dari DPP?” kata Andi Marzuki Wadeng yang juga mantan anggota DPRD Sulsel ini.

Sementara itu, Ketua DPD II Partai Golkar Luwu Timur, Aripin sebelumnya mengatakan ada lima nama balon Wabup Luwu Timur di usulkan ke DPD I Golkar Sulsel dan akan mengikuti Fit and Proper Test.

Adapun Kelima nama itu masing-masing, Puspawati Husler (istri almarhum Husler), Takwa Muller (anggota DPRD Provinsi), Mahading (Anggota DPRD Luwu Timur), Andi Muh. Rio Patiwiri, dan Andi Fauziah Pujiwatie Hatta.

Menurut Aripin, fit and proper test atau uji kemampuan dan kepatutan kepada ke lima balon itu tak lain untuk melihat visi misinya, siapa figur yang akan mendapatkan rekomendasi menjadi usungan partai Golkar.

Ditambahkan Aripin, dilakukanya fit and proper test terhadap lima calon wakil bupati itu merupakan permintaan nya ke DPD I.

“Saya yang minta ke DPD I untuk melakukan fit and proper test. Tujuan untuk melihat siapa calon yang betul-betul punya komitmen terhadap partai,” tegas Aripin.

Sekadar informasi, Panitia Pemilihan (Panli ) di DPRD Luwu Timur akan membuka Pendaftar Bakal calon (Balon) Wakil Bupati Luwu Timur.

Wakil Ketua Panli , H.M Siddiq BM mengatakan, dari rapat 4 Fraksi, yaitu Nasdem, Golkar, PAN, dan Hanura menyepakati pendaftaran bakal calon Wakil Bupati dibuka April 2022 mendatang.

“Hasilnya, tanggal 7 April 2022 pedaftaran Wakil Bupati Luwu Timur dibuka,” kata H Siddiq

Ia menyampaikan, paling lambat September 2022 nanti, Bupati Luwu Timur Budiman sudah memiliki pasangan.

“Kita usahakan prosesnya berjalan lancar. Insha Allah sesuai jadwal akhir September 2022 nanti Luwu Timur sudah punya wakil Bupati Luwu Timur,” katanya.

Ia menambahkan, adapun persyaratan bakal calon wakil Bupati Luwu Timur , yaitu balon harus memiliki rekomendasi dari DPP.

“Ini yang sulit. Bagi bakal calon yang ingin mendaftarkan diri sebagai Wakil Bupati Luwu Timur harus melampirkan rekomendasi dari DPP,” katanya.

Sekadar informasi, pemenang pada Pilkada 2020 lalu, yaitu pasangan Husler-Budiman diusung oleh 8 partai pengusung.

Diantaranya, Golkar 7 kursi, Gerindra 4 kursi, Pan 4 kursi, PDIP 3 kursi, Hanura 3 kursi, PKS, PKB, PBB masing – masing 1 kursi.

Sejauh ini, adapun bakal calon yang sudah dapat Rekomendasi dari partainya di DPP untuk mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Lutim.

Yaitu, Ruly Heryawan dari Partai Hanura dan Usman Sadik dari PAN, yang keduanya menjabat sebagai anggota DPRD Luwu Timur.

Kemudian, ada dua nama yang baru diusulkan dari DPC Partai Grindra Luwu Timur adalah Sarkawi anggota DPRD Luwu Timur dan Idul Adha (Deddy Muller) yang merupakan Bendahara DPC Gerindra Luwu Timur.

Selanjutnya , Partai Golongan Karya (Golkar) yang saat ini baru mengusulkan 5 nama/ figur calon wakil bupati ke DPD II Golkar untuk mendampingi Budiman.

Adapun Kelima nama itu masing-masing, Puspawati Husler (istri Almarhum Husler), Takwa Muller (anggota DPRD Provinsi), Mahading (Anggota DPRD Luwu Timur), Andi Muh. Rio Patiwiri dan Andi Fauziah Pujiwatie Hatta. (krm/uce)

  • Bagikan