Amsal Sampetondok, Satu-satunya Warga Tana Luwu Jadi Ketua DPD Partai

  • Bagikan

* Target Hanura Sapu Bersih Kursi Pimpinan DPRD di LuRa dan Toraja

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO — Jelang pemilu 2024 dan menghadapi verifikasi faktual di KPU, Ir Amsal, M.Si mulai bergerak. Amsal Sampetondok satu-satunya warga Luwu Raya yang menakhodai partai politik sebesar Hanura di tingkat Provinsi Sulsel. Ia mulai bergerak mengibarkan panji-panji partai Hanura di Luwu Raya (LuRa), Tana Toraja, dan Toraja Utara. Amsal yang siap mengembalikan kejayaan Hanura di Provinsi Sulawesi Selatan menargetkan sapu kursi pimpinan DPRD di Luwu Raya dan Toraja.

”Tentu kita juga melihat peluang pada pilkada serentak,” tandas Kol TNI (Purn) Ir. Amsal Sampetondok, M.Si, saat kunjungan silaturahmi ke kantor Harian Pagi Palopo Pos, Selasa 22 Maret 2022.

Ketua DPD Hanura Sulsel didampingi sejumlah pengurus DPD Sulsel, ketua DPC Hanura Kota Palopo bersama ketua Bappilu-nya, anggota DPRD Kota Palopo, dan jajaran pengurus Hanura Palopo lainnya. Dari pengurus DPD Hanura Sulsel yang mendampingi Amsal H Jamaluddin Nuhung, wakil ketua DPD Hanura Sulsel, Nandar, wakil sekretaris DPD Hanura Sulsel. Kemudian Aris Munandar, anggota DPRD Hanura Kota Palopo, Pratiwi Lanteng Bustami, ketua DPC Hanura Kota Palopo, dan Bakri (ketua Bappilu Kota Palopo).

Rombongan mereka diterima langsung oleh Direktur Utama Koran Palopo Pos, Amran Suyuti, Direktur Palopo Pos, Husain Rasyid, Ikhwan Ibrahim, wadir pemasaran koran, dan Aryanto, wadir pemasaran iklan.

Di kantor Palopo Pos, Amsal dan ketua DPC Hanura Lanteng Pratiwi bikin kejutan di hadapan direktur utama Palopo Pos dan jajarannya. Ternyata, mereka membawa kue ultah Palopo Pos ke-22. ”Selamat ulang tahun, kami ucapkan,” suara Tiwi dan ketua DPD Hanura Sulsel keluar membahana dan disambut tepuk tangan yang hadir.

”Makasih ya kue ultahnya,” ucap Dirut Palopo Pos. Tak lupa dirut Palopo Pos mengucapkan selamat atas terpilihnya Amsal sebagai ketua Hanura Sulsel. ”Beliau satu-satunya orang Luwu jadi ketua partai di tingkat Provinsi Sulsel. Apalagi partai yang dipimpin ini adalah partai besar. Yang didirikan oleh mantan Panglima ABRI Wiranto. Sekarang dipimpin Pak Oeoso,” ujarnya.

Untuk diketahui, Amsal Sampetondok terpilih aklamasi sebagai ketua Hanura Sulsel pada musdalub pekan lalu. Di Hotel Horison. Ia mendapat dukungan 22 DPC dalam perjalanan yang awalnya hanya 16 DPC. ”Saya menunggu 6 bulan lebih,” ucap dia.

Pasca terpilih jadi ketua DPD Hanura Sulsel, Amsal Sampetondok langsung mengagendakan road show. Diawali dari Kota Palopo.

Apa program ke depan? Sebagai mantan anggota militer, Amsal Sampetondok sudah punya strategi dalam merebut simpati hati rakyat. Visi saya setelah terpilih tentu melakukan konsolidasi internal. Formatur sudah terbentuk. Di kepengurusannya ada mantan jenderal ikut gabung. ”Fokus saya sekarang adalah menghadapi verifikasi faktual. Merekrut kader-kader,” ujarnya.

Setelah itu, masuk pemilu. Memperbanyak kursi di perhelatan pemilu. Kemudian bicara pilkada. Amsal ingin sapu bersih pimpinan DPRD se Luwu Raya dan Toraja. Di Kota Palopo, harus ada tambahan kursi jadi 4 nanti. ”Harus unsur pimpinan DPRD di Luwu Raya dan Toraja. Niat sudah ada,” tegasnya.

Penyerahan kue ultah oleh Pratiwi Lanteng Bustami, ketua DPC Hanura Kota Palopo (kanan) kepada Dirut Palopo Pos Amran Suyuti (tiga dari kanan). Disaksikan Ir Amsal, M.Si, ketua Hanura Sulsel (dua dari kiri) bersama Jamaluddin Nuhung, wakil ketua Hanura Sulsel (kiri) dan Aris Munandar, anggota DPRD Kota Palopo asal Hanura (dua dari kanan). –aldy–

Kepada pengurus DPC di 24 kabupaten/kota di Sulsel, ia sebagai ketua Hanura Sulsel siap all out membantu kadernya untuk merebut kursi pimpinan. Termasuk nanti calon dari Hanura yang mau maju di pilkada. ”Saya tidak tinggal diam,” ujarnya, serius.

Hal lain yang disinggung Amsal dalam pertemuan silaturahmi tersebut adalah hasil munas beberapa waktu lalu. Sekarang DPC diberi kewenangan penuh dalam mengusung calon di pilkada. ”Ada kuasa ke DPC di pilkada. Makanya saya ingatkan DPC saya agar terus membangun komunikasi yang baik sesama kader,” imbuhnya, serius.

Kata dia, sejumlah tokoh-tokoh Luwu Raya dan Provinsi Sulsel telah direkrut masuk kepengurusan DPD Hanura Sulsel. Salah satunya mantan sekkot Palopo, Jamaluddin Nuhung. Ia dipercaya duduk di bagian wakil ketua Hanura Sulsel. Kemudian tokoh-tokoh lainnya di Luwu Raya dan kabupaten/kota.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Hanura Sulsel, Amsal Sampetondok memberikan semangat kepada para pengurus dan simpatisan Hanura Kota Palopo di Kafe Pancasila Jl. Anggrek Palopo, Senin 22 Maret 2022.
Kegiatan ini dihadiri beberapa tokoh-tokoh muda dari Walmas yang juga sebagai pengurus DPD Hanura kab. Luwu.
Semangat yang berapi-api Amsal membuat pengurus dan simpatisannyanya semakin menyala untuk mau membesarkan partai. Amsal berharap kepada pengurusnya agar mau bekerja mengibarkan panji-panji Hanura di seluruh wilayah Tana Luwu.
”Paling tidak bisa menduduki kursi di DPRD dengan target pimpinan DPRD setiap Kabupaten/kota,” terang Amsal melalui rilis yang diterima Palopo Pos.

Menurut Amsal, apa yang dicita-citakan ini semoga menjadi kenyataan, sehingga ke depan paling tidak, ada kader Hanura yang bisa menjadi pemimpin daerah.
”Kita kuasai dulu parlemen baru kita pikirkan siapa yang akan menjadi pemimpin di masing-masing daerah dalam wilayah Tana Luwu,” katanya. (ary)

  • Bagikan