Kapolres Tana Toraja Live Streaming di SMKN 1, Serukan Kamtibmas Bagi Pelajar

  • Bagikan

Kapolres Tana Toraja, AKBP. Juara Silalahi, S.IK, MH menghadiri undangan live streaming wawancara terkait Sosialisasi Kamtibmas bagi pelajar di ruang rekaman SMKN 1 Tana Toraja di Rantelemo, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja, Kamis (24/3/2022). –risna–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA – Kapolres Tana Toraja, AKBP. Juara Silalahi, S.IK, MH, secara khusus menghadiri undangan live streaming SMKN 1 Tana Toraja di Rantelemo, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja, Kamis (24/3/2022).

Live streaming dikemas dalam bentuk wawancara bertemakan Sosialisasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat.

Kapolres Tana Toraja hadir selaku narasumber, yang diawali apresiasi dari Kacab Disdik Wilayah 10 Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Baharuddin Iskandar, S.Pd, M.Pd yang ikut serta mengikuti acara secara virtual.

AKBP. Juara Silalahi mengungkapkan apresiasi terhadap terobosan dari pihak SMKN 1 Tana Toraja dihadapan pemandu acara dan pihak sekolah.

Perwira menengah Polri lulusan Akpol tahun 2000 itu menyampaikan bahwa, untuk mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, dibutuhkan peran semua pihak, tidak semata-mata tanggung jawab kepolisian, tapi tanggung jawab semuanya, termasuk peran pelajar.

Juara Silalahi juga memberikan penjelasan terkait cara membina kalangan pelajar yang tersandung perbuatan tindak pidana.

“Pelajar terlibat jangan langsung dikucilkan atau dipersalahkan, tapi harus dituntun dan beri perhatian, di kepolisian ada Restorasi Justice sebagai alat mediasi, karena tidak semua tindak pidana diakhiri dengan putusan hakim,” ujarnya.

Apalagi menyangkut pelajar, dan sudah sebagai tugas semua para abdi negara untuk menjaga dan memelihara keberlangsungan negara, dan para pelajar adalah generasi harapan sehingga harus dijaga keselamatannya,

Ia juga mengingatkan perkembangan teknologi yang saat ini berkembang pesat, jika tidak ingin tergilas maka harus menyesuaikan perkembangan.

“20 tahun kedepan adik-adik yang saat ini menimba ilmu akan menghadapi era 4.0, perkembangan dunia akan bergerak dengan cepat, jadi saya berpesan kepada siswa SMKN 1 dan seluruh pelajar di Tana Toraja untuk menimba ilmu setinggi-tingginya, jangan bosan terus membaca dan membaca,” ungkapnya.

Ditanya terkait statementnya setiap hadir di sekolah memberi pesan kepada siswa untuk berbakti kepada orang tua, orang nomor satu di Mapolres Tana Toraja itu mencontohkan bagaimana hikmah dari doa orang tua.

“Saya bisa mengabdi untuk Polri, berbagai capaian dari dalam hingga luar negeri dan saat ini saya mengemban amanah sebagai Kapolres Tana Toraja, itu semua berkat doa-doa dari orang tua saya, dan masih banyak lagi contoh sosok teladan dan luar biasa di luar sana yang mampu berbuat terbaik bagi bangsa dan negara karena doa dari kedua orang tuanya,” terang Juara.

Juara Silalahi berpesan kepada pelajar lewat kamera live streaming mengatakan, ibarat pisau maka ilmu harus terus di asah, tantangan masa depan jauh lebih kompleks dari saat ini, dan jika adik-adik tidak siap, maka akan digilas.

Maka sebaiknya belajar dengan giat, belajar dan terus belajar, membaca dan membaca, menjauhi hal-hal negatif dan harus pandai memilah ajakan dari orang lain.

“Bisa saja ajakan menjerumuskan, nanti menyesal jika masa depan sudah terkubur, penyesalan selalu datangnya terlambat, raih cita-citamu melalui ilmu pengetahuan, dan wujudkan baktimu kepada masyarakat, bangsa dan negara, buatlah kedua orang tuamu bangga,” tutup Juara.

Live streaming Sosialisasi Kamtibmas bagi kalangan digagas SMKN 1 Tana Toraja menyebar ke media sosial yang diharapkan ada pesan moral terkandung didalamnya dapat menjadi motivasi bagi kalangan pelajar untuk memacu diri dengan prestasi dan ilmu pengetahuan, sehingga kedepan akan mampu membawa Indonesia lebih maju lagi, khususnya kemajuan Tana Toraja di masa yang akan datang. (risna)

  • Bagikan