Siswa MAN Tana Toraja Belajar Melalui Safari Ramadan di 33 Masjid

  • Bagikan

Siswa MAN Tana Toraja saat latihan Safari Ramadhan di masjid sekolah, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Kamis (31/3/2022). –risna–

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA – Ket foto: Siswa MAN Tana Toraja saat latihan Safari Ramadhan di masjid sekolah, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Kamis (31/3/2022).Jelang bulan suci Ramadhan 1443 H/2022, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tana Toraja akan melaksanakan Safari Ramadhan berkeliling ke masjid-masjid di wilayah Kabupaten Tana Toraja.

Safari Ramadhan rutin dilaksanakan siswa-siswi MAN Tana Toraja setiap tahun saat bulan Ramadhan.

Kepala MAN Tana Toraja, Sampe Baralangi mengatakan Safari Ramadhan digelar bertujuan silaturahmi dan sosialisasi ke masyarakat terkait MAN Tana Toraja, sekaligus ditujukkan menggaet siswa-siswi muslim yang ada diwilayah tujuan safari digelar.

“Diprioritaskan masjid-masjid yang ada di kampung siswa, terutama wilayah Sangalla, Rembon, Bonggakaradeng, dan lumayan banyak siswa kita dari Bittuang” ujar Sampe, Kamis (31/3/2022).

Lanjut Sampe Baralangi menambahkan, kegiatan Safari Ramadhan sekaligus melatih siswa berani berdiri di depan umum, belajar menyampaikan tauziah agama sehingga nantinya setelah tamat dari MAN dapat membantu masyarakat, khususnya pada bidang keagamaan.

Ketua Panitia Safari Ramadhan, Rahmatiyah mengatakan beberapa kecamatan menjadi tujuan safari yaitu Bittuang, Bonggakaradeng, Saluputti, Rantetayo dan Sangalla, sehingga total masjid dikunjungi sebanyak 33 masjid.

“Dijadwalkan selama empat hari safari, akan dibagi tim bagi setiap masjid, dan direncanakan mulai tanggal 9 April 2022 mendatang,” ujarnya.

Lanjut Rahmatiyah, selain melibatkan siswa-siswi, pihak guru MAN Tana Toraja juga terlibat setelah melatih siswa anggota Ekskul untuk mengisi kegiatan safari.

“Kita siapkan siswa menjadi muadzin, protokol, mengaji dan ceramah, dan sudah koordinasi dengan pembina Rohis yang telah melatih siswa ikut safari,” tutupnya. (Cr1)

  • Bagikan