Anggota DPD RI Ini Jelaskan Pentingnya 4 Pilar Kebangsaan

  • Bagikan
Foto bersama usai Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Gedung Pelayanan, Kompleks SMK Kristen Palopo, Kamis (21/4).--Herman/PalopoPos--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO--Anggota MPR/DPD RI Dapil Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa, SE.,MM mengadakan kegiatan Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama di Gedung Pelayanan, Kompleks SMK Kristen, JL. Imam Bonjol, Salobulo, Kec. Wara Utara, Kota Palopo pada Kamis (21/4).

Adapun tujuan dari kegiatan sosialisasi empat Pilar Negara tersebut untuk mengingatkan kembali masyarakat agar memahami lebih dalam mengenai nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Sehingga diharapkan akan berdampak pada meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam kesempatan itu, Lily Amelia Salurapa memaparkan pentingnya pemahaman tentang 4 Pilar Kebangsaan. “Empat pilar MPR RI itu terdiri dari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, kemudian Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai konstitusi negara serta ketetapan MPR. Lalu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara,” jelas Lily.

Lanjutnya lagi bahwa pentingnya memahami lebih dalam mengenai nilai-nilai luhur di yang dianut bangsa kita, mengingat negara Indonesia adalah negara yang majemuk. Baik dari segi budaya, agama dan suku yang beraneka ragam, letak geografis Indonesia yang begitu luas dengan pulau yang banyak. Dimana segala perbedaan yang ada dengan jumlah penduduk yang banyak harus disatukan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila, UUD 45 dan Binneka Tunggal Ika.

Lily Amelia Salurapa, SE.,MM, didampingi Pdt. Marthen Lamida, S.Th dan Drs. Daud Gala, SH.,MM, saat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, Kamis 21 April 2022.

Saat ditemui usai kegiatan sosialisasi, Lily Amelia Salurapa, yang didampingi stafnya, mengatakan bahwa kehadirannya di Palopo karena sudah rindu dengan kampung halaman dimana selama pandemi kurang lebih 2 tahun, baru kali ini dilaksanakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan.
"Saya sangat senang bisa mendengar banyak aspirasi dari mereka yang hadir dimana aspirasi tersebut akan saya teruskan ke Senayan"ungkap Lily. Lanjutnya lagi bahwa tentunya aspirasi yang mereka sampaikan itu sudah disertai dengan data-data dan bukti-bukti di lapangan, dan sudah sejauh mana upaya yang mereka sudah tempuh.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Pdt. Marthen Lamida, S.Th saat diminta pendapatnya mengatakan bahwa kita bersyukur bisa bertemu dengan Ibu Lily mengingat selama masa pandemi sangat sulit untuk mengadakan pertemuan seperti ini. "Pertemuan ini sangat penting karena memberikan pencerahan kepada kita posisi dan tugas DPD yang sesungguhnya. Karena masih banyak yang menganggap bahwa posisi dan tugas DPD itu sama dengan DPR, namun dengan penjelasan Ibu Lily tadi sudah menjawab kekeliruan yang ada selama ini,"ungkap Pdt. Lamida.

Kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar dimana para peserta antusias bertanya dalam diskusi yang dipandu oleh Drs. Daud Gala, SH.,MM sekaligus sebagai moderator dalam kegiatan ini.

Untuk diketahui bahwa penanggung jawab dalam kegiatan ini yakni Marthinus YD, dan kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Masamba, esok harinya, Jumat, 22 April 2022. (man)

  • Bagikan