Tempat Wisata “Diserbu” Pengunjung

  • Bagikan
RIANG gembira anak-anak dan remaja bermain air di Kali Jodoh, Latuppa, Kamis 5 Mei 2022. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

Mengisi Libur Lebaran untuk Rekreasi

PALOPO -- Pascalebaran, salah satu tempat yang ramai dikunjungi adalah objek wisata. Di Tana Luwu dan Toraja, banyak dijumpai tempat wisata. Mulai pantai, sungai, air terjun, hingga pemandangan pegunungan.

Beberapa objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dari rangkuman Palopo Pos, yakni, Sungai Kali Jodoh, Kelurahan Murante, Kota Palopo.

Dari pantauan Palopo Pos, Kamis 5 Mei 2022, kemarin, nampak pengunjung mulai berdatangan sejak pukul 09.00 Wita. Puluhan kendaraan roda dua dan empat memadati areal parkir tempat wisata sungai ini.

Dipilihnya Kali Jodoh, lantaran pemandangan alamnya yang asri dan sejuk, ditambah jernihnya air Sungai Latuppa dengan bebatuan besar yang jadi daya tarik untuk berfoto dan tempat santai.

Mama Adrian, salah satu warga setempat yang turut mengelola objek wisata ini mengaku, keramaian pengunjung sudah terjadi sejak H+1 lebaran, yakni Selasa 3 Mei, lalu. Dan diperkirakan masih akan bertambah sampai hari Ahad 8 Mei nanti.

Di musim liburan ini, kata Mama Adrian, juga ada kenaikan tarif. Mulai dari sewa gazebo. "Hari biasanya hanya Rp50 ribu, sekarang ini musim liburan naik Rp100 ribu," ucapnya.
Ia sendiri memiliki 7 unit gazebo yang sudah disewakan ke pengunjung yang datang.

Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa ban yang tarifnya mulai Rp5 ribu sampai Rp10 ribu. Ban ini biasanya digunakan anak-anak untuk bermain air di bagian yang tenang.
Keramaian pengunjung juga menjadi keberuntungan bagi warga setempat. Dimana, dagangan makanan kecil jadi laku. Mulai dari mie gelas, dan cemilan.

Objek wisata lainnya yang juga dipadati adalah pemandian alam Batu Papan, Kelurahan Padang Lambe, Kota Palopo, dan Pantai Labombo.
Ada juga tempat wisata permandian Banua Wisata, milik Kadishub Palopo, Rustam Lalong di Balandai.

Sejak hari pertama selesai lebaran sudah dipadati pengunjung. Mereka datang secara perorangan maupun berkelompok. Kata Owner objek wisata tersebut, kunjungan perhari sampai hari ini sebanyak 500 tiket yang terjual, sepertiga dari kapasitas tempat.

"Mereka ini datang dari berbagai daerah yang berlebaran di Kota palopo, banyak juga masyarakat setempat,"katanya. Itu baru H+3. Pihaknya memperkirakan kunjungan akan lebih banyak lagi di hari Sabtu dan minggu, besok dimana itu telah memasuki puncak liburan hari raya.

Toraja

Di Toraja, Salah satu obyek wisata unggulan yang juga banyak dikunjungi adalah objek wisata Religi Buntu Burake yang terletak di Kecamatan Makale, dipadati wisatawan selama libur Idul Fitri.
Ribuan pengunjung yang datang dari berbagai daerah tidak hanya warga sekitar atau lokal Kabupaten Tana Toraja saja, terlihat memadati tiap sudut dari ujung ke ujung.

Kepala Bidang (Kabid) Pajak dan Retribusi Bapenda Tana Toraja, Genos Payangan menuturkan, jumlah kunjungan wisatawan tertinggi terjadi pada H+1 atau hari pertama libur lebaran pada Selasa (3/5/2022). Dimana, jumlah wisatawan mencapai 3.000 orang. Terdiri dari wisatawan mancanegara, domestik dan lokal.

"Hari pertama kemarin mencapai 3.000 orang. Untuk biaya tiket masuk di Burake diketahui dibagi menjadi dua kategori, yakni untuk dewasa Rp 10 ribu dan anak-anak Rp 5 ribu. Jadi kalau kita hitung jumlah pemasukan Rp 30 juta," ungkap Genos Payangan, Rabu (4/5/2022) sore.

Dikatakan Genos, hingga saat ini, kunjungan wisatawan terus bertambah. Bahkan hingga sore hari wisatawan terus berdatangan. Pihaknya pun memprediksi puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Minggu (8/5/2022) mendatang.

"Wisatawan terus bertambah, dan kita prediksi puncaknya pada Minggu mendatang," ujarnya.
Dia menyebut, para wisatawan dominan berasal dari beberapa daerah di Sulawesi Selatan, seperti dari Makassar, Pare-Pare, Pinrang, Enrekang dan Palopo.

Sementara itu, sejumlah wisatawan yang dikonfirmasi mengaku memilih Toraja menjadi tempat liburan. Itu karena di Toraja tak hanya terdapat Burake, namun masih banyak lokasi obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

"Obyek wisata di Toraja itu bagaikan sajian prasmanan. Ada negeri di atas awan dan ada Ke'te Kesu, pokonya banyak lah," ucap Rijal, wisatawan asal Makassar. (ald/idr)

  • Bagikan