Dandim 1403 Palopo Letkol Afriadi: Jadikan Pancasila Sebagai Pedoman Hidup

  • Bagikan
Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Afriadi Nidjo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO --- Pelajar, mahasiswa, dan para pemuda di Kota Palopo tentu tahu dan hafal dengan kelima sila pancasila. Namun untuk mengamalkannya mungkin hanya segelintir yang sulit menjawabnya.

Diketahui Hari Lahir Pancasila ke - 77 jatuh pada Rabu 1 Juni 2022.

Komandan Kodim (Dandim) 1403 Palopo, Letkol Inf. Afriadi Nidjo mengatakan bila berbicara tentang Pancasila sungguh banyak yang mampu mengucapkannya dengan lantang. Ia

pun mengajak agar lapisan masyarakat, mahasiswa, dan pemuda untuk mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam lima sila demi kemajuan bangsa Indonesia.

"Jadikan pancasila sebagai rumah kita, sebagai pedoman hidup. Sudah sepatutnya setiap tanggal 1 Juni kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Harus diingat, pancasila dimaknai tidak hanya sebagai simbol belaka. Agar terhindar dari perilaku menyimpang mari saling menghargai antara satu golongan dengan golongan lain.

Antara etnis satu dengan yang lain, serta saling menghargai antar umat beragama. Sekali lagi, upayakan selalu tertanam pada diri kita atas kecintaan kepada Pancasila," ucap Letkol Afriadi Nidjo, Senin 30 Mei 2022.

Lebih lanjut dikatakannya, Pancasila akan selalu bertahan dan tumbuh sampai akhir zaman. "Mari terus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika. Jika melakukan aksi demo jangan anarkis. Jadikan pancasila sebagai rumah dan menjadi acuan dari cara beripikir dan bertindak, tidak terjadi hal-hal yang tidak diingingkan," ujarnya.

Hanya saja, Dandim mengaku belum mendapat informasi terkait pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila. Namun dirinya berharap agar upacara itu dapat dilaksanakan tepat dihari Lahir Pancasila.

"Saat ini kita masih menunggu giat pelaksanaan upacara hari jadi Pancasila," pungkasnya. (him)

  • Bagikan