Ratusan Jemaah Salat Iduladha Padati Masjid Al Khaeriyah

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Sebagian umat Islam merayakan Hari Raya Iduladha 1443 H, Sabtu hari ini 9 Juli yang bertepatan dengan 9Dzulhijjah, setelah sehari sebelumnya, Jumat 8 Juli, jemaah haji melaksanakan wukuf di Padang Arafah, Mekkah.

Salah satu masjid yang membuka pelaksanaan Salat Iduladha adalah Masjid Al Khaeriyah, Jl. We Cudai, belakang kantor Harian Palopo Pos.

Derasnya hujan yang turun, tak menyurutkan antusias jemaah untuk datang melaksanakan salat sunnah muakkad tersebut.

Salat dimulai pukul 07.00 Wita, dengan diimami Hafiz Ustaz Ramadan.

Diawali dengan takbir sebanyak 7 kali di rakaat pertama, lalu dilanjutkan takbir 5 kali di rakaat kedua, jemaah khusyuk mengikuti bacaan imam yang hafal Alquran 30 juz.

Usai pelaksanaan salat dilanjutkan dengan khutbah Salat Id yang dibawakan Hafiz Ustaz Syafriadi Syarifuddin yang membawakan hikmah dari Iduladha.

Dalam khutbahnya, Ustaz Syarif menekankan peristiwa berkurban sudah ada sejak zaman Nabi Adam AS yakni anaknya Habil dan Qobil.

Kemudian diturunkan ke Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail.

"Ada tiga pesan yang dapat diambil dalam pelaksanaan kurban, yakni totalitas kepatuhan menyembah Allah SWT, kemuliaan manusia, dan bersosial dengan sesama lewat pembagiam hewan kurban," ujar Ustaz Syarif.

Berakhirnya khutbah pada pukul 07.35 Wita menjadi akhir juga dari pelaksanaan Salat Id, yang dilanjutkan salam-salaman sesama jemaah.

Sebagai informasi, Masjid Al Khaeriyah baru saja diresmikan Wakil Wali Kota Palopo, Dr Rahmat M Bandaso, Kamis malam lalu.(idr)

  • Bagikan