Bahas Kolaborasi Hadapi Tahapan Pemilu 20224, Bawaslu Luwu Silaturahmi Kapolres dan Kajari

  • Bagikan
Ketua Bawaslu Luwu Asriani Baharuddin, SH, MH foto bersama Kapolres Luwu yang baru.

BELOPA --- Jajaran Bawaslu Kabupaten Luwu menggelar silaturahmi dengan Kajari Luwu Usama Harun, SH, MH dan Kapolres Luwu, AKPB Arisandi, SH, S.IK,M.Si. Bawaslu Luwu menyampaikan persiapan tahapan pemilu serentak 2024. Untuk menyukseskan agenda pemilu perlu dukungan dari stakeholder.

Kunjungan silaturahmi diawali di kantor Kejari Belopa. Rombongan Bawaslu yang dipimpin Ketua Bawaslu Luwu Asriani Baharuddin, SH, MH diterima langsung oleh kajari Luwu. 'Perlu membangun sinergi dan menyamakan persepsi dalam tugas-tugas penegakkan hukum tindak pidana pemilu ke depannya," ujar Ketua Bawaslu Luwu, Asriani Baharuddin, SH, MH.

Di pertemuan dengan kajari Belopa, Asriani kembali persiapan Bawaslu Luwu di masa tahapan Pemilu Serentak 2024 dan membBahas Kolaborasi Hadapi Tahapan Pemilu 20224, Bawaslu Luwu Silaturahmi Kapolres dan Kajari

angun persepsi terkait tindak pidana pemilu. Sebagaimana diketahui di masa tahapan Pemilu terdapat Sentra Penegakan Hukum Terpadu yang selanjutnya disebut Gakkumdu.

Gakkumdu merupakan pusat aktivitas penegakan hukum tindak Pidana Pemilu yang terdiri atas unsur Bawaslu, Bawaslu Provinsi, dan/atau Bawaslu Kabupaten/Kota, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kepolisian Daerah, dan/atau Kepolisian Resor, dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia, Kejaksaan Tinggi, dan/atau Kejaksaan Negeri.

Kajari Luwu Usama Harun, SH., MH mengapresiasi kunjungan Bawaslu Luwu. Ia menyampaikan selain siap membangun kemitraan dengan Bawaslu terkait penegakan hukum pemilu, perlu masalah ada kerjasama yang baik dalam berbagai aktivitas di masa tahapan.

Lebih lanjut Usaha menjelaskan terkait keberadaan Gakkumdu yang di dalamnya tergabung 3 unsur yaitu Bawaslu, Kejaksaan, dan Kepolisian maka dapat mempermudah dalam penegakan hukum pemilu.

"Dengan adanya Gakumdu bagaimana kita mampu merespon secara cepat permasalahan di masa Pemilu," ungkap Usama

Sebelumnya, Bawaslu Luwu sudah silaturahmi dengan Kapolres Luwu yang baru. Pertemuan ini dalam rangka silahturahim Ketua Bawaslu Kabupaten Luwu Asriani Baharuddin dan Anggota Bawaslu Kabupaten Luwu yakni Kaharuddin.A. S.Si.,M.H yang membidangi divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa (HPPS) dan Sam Abdi, S.H divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Data informasi.

Asriani menyampaikan bahwa persiapan Bawaslu Luwu di masa Tahapan Pemilu Serentak 2024 yang sudah dimulai sejak Bulan Juni kemarin. Dalam pengawasan yang dilakukan oleh Bawaslu membutuhkan peran stakeholder, salahsatunya adalah Polres Luwu.

"Pelaksanaan Pemilu Serentak tahun 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Luwu harus bersinergi dengan stakeholder termasuk penguatan pembentukan sentragakumdu," ungkap Asriani

Kapolres Luwu AKPB Arisandi dalam pertemuan ini menjelaskan mendukung semua upaya pengawasan Pemilu yang dilakukan Bawaslu. Hal ini bagian dari proses pengamanan Pemilu serentak 2024.

AKBP juga akan menyampaikan pada seluruh jajaran Polres Luwu hingga ke bawah terkait hal ini. Hal ini dimaksudkan agar ada kesiapan seluruh jajaran kepolisian di wilayah Polres Luwu terkait Pemilu.

"Untuk hal tersebut kami mendukung sepenuhnya dan saya akan sampaikan kepada seluruh jajaran ke bawah untuk persiapan dalam rangka Tahapan Pemilu 2024," kata AKBP Arisandi.

Selain itu silaturahi. ini di ikuti oleh koordinator Sekretariat Bawaslu kabupaten Luwu Andi Masri Panaungi,S.Sos dan Kasat Reskrim Jon Paerunan, S.H.(rls/ary)

  • Bagikan