Tahun Ini, Fokus Normalisasi Dua Sungai

  • Bagikan
Proyek normalisasi Sungai Andoli Kel. Balandai dikerjakan CV Anekatama Karya.--ft: arsul/palopopos--

PUPR soal Prioritas Penanganan Banjir Tahun 2022

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TEMMALEBBA-- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Palopo fokus pada normalisasi dua sungai dalam penanganan banjir pada tahun anggaran 2022. Disamping itu, pihaknya merencanakan penanganan sungai lainnya.

Hal tersebut diungkapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas PUPR Palopo, Hasyim Basri saat dimintai tanggapannya soal aspirasi prioritaskan penanganan banjir ketika ditemui Palopo Pos di sela-sela reses anggota DPRD di Kantor Camat Bara, Kamis, 21 Juli 2022 kemarin.

Lanjut dia, pada tahun anggaran 2022, PUPR mengalokasikan anggaran sebesar Rp150 juta untuk penanganan banjir terhadap dua sungai dalam APBD. Yakni Rp50 juta untuk normalisasi Sungai Andoli Kel. Balandai dan Rp90 juta untuk normalisasi Sungai Amassangan.

"Jadi memang untuk sementara ini kita berfokus pada Sungai Andoli dan Amassangan. Adapun sungai-sungai lainnya, kita rencanakan berikutnya. Karena memang anggaran normalisasi ini baru untuk dua sungai ini," terangnya.

Normalisasi Sungai Amassangan dan Sungai Andoli diprioritaskan karena volume airnya pada saat hujan sangat tinggi. Sementara daya tampung tidak mampu lagi sehingga meluap ke pemukiman warga. Pada sungai itu, terdapat beberada sedimen.

Mengenai normalisasi Sungai Andoli saat ini tengah berjalan, Hasyim mengatakan, sudah memenuhi progres sebesar 80 persen.

"Setelah ini normalisasi Sungai Andoli, baru akan dilaksanakan di normalisasi Sungai Amassangan. Karena alat eksavator yang digunakan hanya satu unit," kata Hasyim. (rul/ikh)

  • Bagikan