Diklatsar PMI Angkat Tema ‘Mewujudkan Relawan yang Komitmen dan Solidaritas’

  • Bagikan
Foto bersama petinggi kampus IAIN, panitia, peserta, dan undangan Diklatsar PMI di Gedung Serbaguna Kampus 1 IAIN, pada 25 Juli 2022. --ft: istimewa

* Citizen Reporter
Muh. Wahyudi
(Mahasiswa Magang II IAIN Palopo)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI--
Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) IAIN Palopo menggelar Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Angkatan 2 di Aula Serbaguna IAIN Palopo, Senin, 25 Juli 2022.

Kegiatan tersebut mengangkat tema "Mewujudkan Relawan yang Memiliki Komitmen dan Solidaritas dalam Berorganisasi Sesuai dengan 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional".

Ketua Panitia Diklatsar PMI, Rachmadani Rachmat saat diwawancarai penulis di kampus IAIN, Balandai, Selasa, 26 Juli 2022 mengatakan bahwa panitia mengangkat tema ini karena mengingat organisasi PMI di kampus IAIN masih sangat baru, baru satu tahun.

Dilihat dari Sumber Daya Manusia (SDM) sebelumnya yang masih sedikit dan juga karena organisasi yang berbasis relawan kemanusiaan yang tidak mengharapkan bayaran, sehingga hanya sedikit orang punya empati dan mau bekerja tanpa pamrih.

''Dengan adanya Diklatsar ini kami sebagai relawan PMI mengharapkan dapat menambah SDM yang memiliki komitmen dan solidaritas dalam berorganisasi serta sesuai dengan 7 prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, yang didalamnya ada kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan, kesemestaan,'' tambahnya. (*)

  • Bagikan