KPU Bangun Kesadaran Lewat Pendidikan Pemilih

  • Bagikan
Pembukaan training od trainer KPU Sulsel di Aula Hotel Agrowisata Palopo. --ft: arsul/palopopos

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID. MURANTE-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel melaksanakan Training of Trainer (ToT) bagi fasilitator pendidikan pemilih yang berlangsung di Aula Hotel Agro Kota Palopo, Rabu, 27 Juli 2022.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dengan melibatkan peserta dari KPU 12 Kabupaten/Kota di Sulsel yakni, Kota Parepare, Soppeng, Pinrang, Sidrap Wajo, Enrekang, Toraja, Toraja Utara, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo.

Divisi Sosialisasi dan Partisipasi KPU Sulsel, Misna M Attas dalam membuka acara tersebut menyampaikan, kegiatan ini dilakukan menjadi sebuah lokomotif perubahan dan perilaku di tengah masyarakat dengan melihat KPU pada tingkat Kab/Kota karen kuramg menjangkau laporan masyarakat sehingga KPU diharapkan menggalang simpul-simpul masyarakat dalam memberikan pemahaman terkait kesasaran pemilih.

"Perlunya ada edukasi ke masyarakat terkait keberadaan informasi. Karena kemajuan tekhnologi saat ini seringkali masyarakat mendapat informasi yang bersifat hoax disamping itu juga masyarakat tidak mudah menyebar hoax yang dinilai mampu membunuh nilai-nilai demokrasi," katanya.

Keberadaan masyarakat yang masih cenderung mempercayai informasi-informasi hoax tentunya diharapkan dapat membangun mental masyarakat melalui penyuluhan dengan tujuan memberi penguatan-penguatan agar tercipta kesadaran secara kolektif. "Ini adalah salah satu program KPU dalam menjelang Pemilu dan Pilkada. Melalui wadah penyuluhan nantinya masyarakat mendapat pemahaman yang baik dan tentunya meningkatkan kesadaran pemilih," katanya.

Mantan Ketua KPU Kota Makassar bahwa berbagai kegiatan yang dapat dilakukan KPU nantinya dalam memberikan kepada masyarakat. Misna mencontohkan sebagaimana yang telah dilakukan di Kab. Wajo baru-baru ini dengan melaksanakan kegiatan yang bersifat tradisionil.

"Seperti yang telah dilakukan di Wajo dengan animo masyarakat yang hadir dan diwarnai kegiatan pendidikan politik ini dengan lomba domino. Lewat kegiatan ini KPU bisa langsung melakukan penyuluhan dengan membangun kesadaran pemilih," katanya.

Sementara Ketua KPU Kota Palopo Abbas Djohan menyampaikan kebanggaan dan terima kasih atas penunjukan Kota Palopo sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini. "Mohon maaf jika selama berada di Palopo ada pelayanan kami yang kurang berkenan," singkat Abbas dalam laporannya.

Pada pelaksanaan TOT ini KPU Sulsel menghadirkan dua orang trainer yakni M. Nawir dan Aflina Mustafaina yang akan menggosok kemampuan trainer para peserta. (rul)

  • Bagikan