Jaringan Relawan Mengajar Indonesia Gelar Program Jemari Kelingking di SDN 43 Rante Balla

  • Bagikan

Suasana saat Jemari laksanakan program Jemari Kelingking di SDN 43 Rante Balla. -- ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, LUWU-- Jaringan Relawan Mengajar Indonesia (Jemari) menggelar program jemari Kreatif, Lincah, Inovatif, Menyenangkan, dan Riang (Kelingking). Yakni, mengajar selama tiga hari di SDN 43 Rante Balla Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu.

Sebanyak 15 orang relawan dari berbagai profesi melakukan kegiatan pendidikan di SDN 43 Rante Balla Kec. Latimojong, Minggu, 7 Agustus 2022.

Kunjungan ini merupakan kali kedua atau disebut volume dua dilakukan oleh para relawan yang tergabung dalam Jaringan Relawan Mengajar Indonesia (JEMARI), 5-7 Agustus 2022.

Ketua Umum Jemari, Akbar Alimuddin menyebutkan bahwa relawan yang terlibat pada volume dua ini berasal dari berbagai profesi.

Terdapat beberapa siswa melalui perjalanan yang sangat jauh untuk sampai ke sekolah dengan jalan kaki dengan menempuh jarak sejauh 5 kilo meter.

Hal tersebut membangkitkan semangat relawan untuk memberikan motivasi agar tetap semangat dalam belajar ujarnya.

"Untuk relawan sendiri ada yang berprofesi sebagai guru, dosen, mahasiswa dan juga aparat desa.pada program jemari manis ini, setiap relawan mengajar berdasar pokok program materi dasar seperti bahasa inggris dan matematika. Dimana sesuai dengan profesi dan keahliannya masing-masing,'' tandas Akbar.

Siswa SDN 43 Rante Balla sendiri sebanyak 84 orang,bangunan kelasnya berjumlah 6 kelas, terdapat 3 bangunan tembok dan 3 bangunan kayu.

Sementara ruangan guru bangunannya masih kayu. Selain itu, WC di sekolah tersebut belum ada tiang bendera yang telah rusak. Terdapat ruang perpustakaan namun masih minim buku bacaan.

Selain mengajar, sejumlah kegiatan dibagi beberapa segmen yakni bakti sosial, cerdas cermat, kelas inspirasi dan profesi relawan, perlombaan, serta pemberian paket belajar dan tas sekolah kepada siswa dan sekolah juga turut dilakukan oleh relawan selama berada di lokasi.

''Selain itu, jemari juga aktif memberantas buta huruf bagi siswa yang belum mengenal huruf dengan cara melakukan pendataan sebagai pusat data untuk di lakukan program kedua dari jemari,'' tutup Akbar.

Pada kegiatan jemari kali ini berkolaborasi dengan PT. Masmindo Dwi Area yang telah memberi suport sistem dan bersama- sama membantu memajukan pendidikan indonesia sebagaimana slogan dari jemari.

Seperti diketahui, SDN 43 Rante balla Kecamatan latimojong merupakan salah satu sekolah terpencil yang ada di Kabupaten Luwu. (*/pp)

  • Bagikan