Magang II Mahasiswa IAIN di Palopo Pos, Berakhir

  • Bagikan
Dosen pembimbing IAIN Palopo, Aswan (kelima dari kiri) menyerahkan plakat kepada Wadir Pemasaran Palopo Pos saat penarikan mahasiswa magang II, Senin, 8 Agustus 2022. --ft: istimewa

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Sebanyak enam mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, telah menyelesaikan magang II atau praktek kerja di Kantor Palopo Pos.

Penarikan dilakukan secara resmi dilakukan dosen pembimbing, Aswan di Palopo Pos, Senin, 8 Agustus 2022. Untuk diketahui, enam mahasiswa IAIN melakukan magang II di kantor media terbesar di Tana Luwu dan Toraja ini, selama satu bulan, sejak 11 Juli 2022 lalu.

Keenam mahasiswa magang tersebut Nurul Aqidah, Muspera, Muh Salman Abdillah, Ahmad Fahri, Muh Zulfadli Amin, dan Muh Wahyudi. Semua mahasiswa semester V.

Aswan saat penarikan menyampaikan terima kasih kepada manajemen Palopo Pos yang telah membimbing dan melatih mahasiswa IAIN selama melaksanakan magang.

''Luar biasa bimbingannya Pak. Saya amati, adik-adik mahasiswa melakukan peliputan dan menulis berita. Saya baca karyanya melalui link berita dibagikan,'' katanya.

Sementara Wadir Pemasaran Umum dan Personalia Palopo Pos, Ikhwan Ibrahim, melaporkan kepada dosen pembimbing bahwa mahasiswa IAIN yang magang di Palopo Pos, betul-betul praktik kerja seperti wartawan. Kinerja dan perilaku mereka juga baik.

Mereka ditugaskan melakukan tugas reportase secara sederhana. Meliput ke lapangan, mencari berita, bagaimana menembus narasumber, wawancara. Lalu menulis berita. Dan beritanya dimuat di online Palopo Pos dalam bentuk citizen reporter atau jurnalisme warga. Ada juga yang beritanya dimuat di koran Palopo Pos versi cetak.

''Selesai tugas satu, masuk lagi tugas berikutnya. Tugas kedua, ketiga, dan seterusnya. Tidak pernah berhenti. Sama seperti wartawan, tidak pernah berhenti meliput. Selesai hari ini, besok meliput lagi. Begitu setiap hari. Karena koran kita (Palopo Pos) terbit setiap hari, kecuali hari tanggal merah,'' terangnya. (ikh)

  • Bagikan