Nakes Mulai Vaksin Booster Kedua

  • Bagikan
Kadis Kesehatan Palopo, Taufiq S.Kep.Ns.,M.Kes saat mendapatkan suntikan vaksin booster kedua atau vaksin dosis empat. --ft: istimewa--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Palopo kini mulai mendapatkan suntikan vaksin booster dosis kedua atau vaksin Covid-19 dosis keempat.

Pemberian vaksin Covid-19 ini akan dilakukan secara bertahap kepada seluruh tenaga kesehatan. Jenis vaksin booster kedua yang dipakai, yaitu, moderna dengan dosis separuh dari dosis vaksin booster pertama.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) Dinkes Kota Palopo, San Ashari, SKM, M.Kes kepada Palopo Pos, Selasa 9 Agustus 2022 mengungkapkan bahwa, sesuai Peraturan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan bahwa, sebenarnya penyuntikan vaksin Covid-19 dosis booster kedua sudah mulai dilakukan sejak 29 Juli 2022 lalu bagi tenaga kesehatan.

Menurutnya, penyuntikan dosis vaksin booster kedua bagi nakes ini dilaksanakan di masing-masing fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada di Kota Palopo.

"Adapun jumlah nakes di Kota Palopo yang ditargetkan mendapat suntikan vaksin booster kedua ini sekitar 2.285 orang,'' jelas San.

Untuk diketahui, sebanyak 2.285 orang tenaga kesehatan yang ada di Kota Palopo baru 8 orang yang mendapatkan vaksin booster kedua. Dimana untuk vaksin booster pertama baru mencapai 1.830 orang atau sekitar 80,1 persen. Untuk vaksin pertama mencapai 2.652 orang atau 116,1 persen, vaksin kedua mencapai 2.562 orang atau 112,1 persen.

Ditambahkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Palopo, Dr dr Ishaq Iskandar MKes, untuk pelayanan vaksinasi Covid, sudah menjadi pelayanan rutin di Puskesmas (PKM) setiap jam kerja/pelayanan. ''Jadi yang mau butuh vaksin boleh ke semua PKM,'' katanya. (rhm)

  • Bagikan