Masmindo Bangkit dan Maju Bersama Warga

  • Bagikan
Direktur Utama Masmindo, Abidin Daeng Patompo bersama Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang M.Pd saat melakukan penanaman Mangrove di Pesisir pantai pelabuhan Taddette, (23/4/2022) lalu dalam rangka memperingati Hari Bumi. IST

Di periode ini, tercatat sejumlah insiatif penting PPM Masmindo di berbagai aspeknya, yakni 1. Program Kesehatan. Secara rutin sejak 2020 Masmindo telah melaksanakan “Program Pengobatan bagi Masyarakat”, terutama ditargetkan untuk 8 desa sekitar tambang yang ada di Kec. Latimojong. Selain itu, Masmindo juga terus melanjutkan “Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT)” bagi lebih dari 1.300 balita di 8 desa, serta dukungan pelatihan 30 bidan desa dan Kader Kesehatan di 5 desa.

Dukungan kesehatan lain yang pernah diberikan perusahaan adalah kontribusi 2.500 rapid/antigen test kits, 20 tabung oksigen bagi RSUD Batara Guru dan rumah sakit/klinik, serta penggalakkan sosialisasi anti-covid.

  1. Program Lingkungan (Gerakan Sejuta Pohon). Pada Maret 2022 lalu, Masmindo berinisiatif melakukan pencanangan “Gerakan Sejuta Pohon”.

Sejumlah lebih dari 15.000 bibit pohon telah didistribusikan secara gratis kepada warga di 8 desa sekitar tambang. April 2022 lalu Masmindo juga telah memulai “Gerakan Penanaman Mangrove” di wilayah pesisir sekitar Pelabuhan Taddatte. Saat ini lebih dari 2.500 bibit telah ditanam di areal seluas lebih dari 1.300 m2.

Dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Dunia 5 Juni 2022 lalu, Masmindo juga berhasil melaksanakan kegiatan “Pekan Lingkungan Hidup” di areal pesisir Taddatte. Juli 2022, dalam rangka peringatan Hari Mangrove 2022, Masmindo mendukung penuh kegiatan “Kemah Lingkungan” yang diinisiasi oleh LKMI Luwu.

  1. Program Pendidikan. Agustus 2022 Masmindo telah menyerahkan sejumlah bantuan 40 set meubelair sekolah Tahap 1 untuk SD Ranteballa. Masmindo juga memberikan kontribusi tas sekolah dan buku-buku bagi 350 siswa yang ada di 4 SD yang ada di 5 desa terdekat tambang.

Dalam periode Agustus 2022 ini, Masmindo dan Gerakan Sebar Ilmu (GRASI) juga telah menginisiasi “Program Pengenalan Bahasa Inggris” di SD Boneposi. Masmindo juga mendukung “Pendidikan Karakter” dengan Jaringan Indonesia Mengajar (JEMARI).

Program Sosialisasi Keselamatan (safety) kepada para siswa sekitar 280 siswa SMKN 2 Luwu telah menerima materi saat Peringatan Bulan Bakti K3 pada Januari-Februari 2022 lalu.

Masmindo telah mendirikan “Banua Manarang” di Tobarru yang berfungsi sebagai perpustakaan anak dengan koleksi 250 buku, 30 permainan edukatif, 10 alat musik, dan berbagai perlengkapan menggambar. Selain itu, “Program Guru Bantu” di SD Salubulo juga terus dilaksanakan perusahaan.

  1. Dukungan Budaya. Hubungan baik Masmindo dengan pihak Kedatuan Luwu serta seluruh perangkat adat yang ada di daerah ini. Sejumlah dukungan telah diberikan perusahaan untuk perbaikan sejumlah fasilitas di Istana Kedatuan Luwu di Palopo. Masmindo juga secara aktif turut memeriahkan kegiatan Kirab Budaya.

Secara rutin, Masmindo telah dan terus memberikan dukungannya bagi 3 sanggar, yakni, Sanggar Seni Latimojong, Sanggar Seni Sallang Ri Luwu, dan Sanggar Seni Maddika Bua. Masmindo juga aktif membantu Sekolah Budaya Luwu (SBL) I La Galigo.

  • Bagikan