3.000 Peserta Meriahkan Karnaval Toleransi Merdeka Kemenang

  • Bagikan
KARNAVAL TOLERANSI MERDEKA Sejumlah jemaat gereja-gereja dan penganut agama lainnya di Kota Palopo ikut dalam kegiatan karnaval merdeka toleransi yang diselenggarakan Kementerian Agama Kota Palopo, Sabtu 20 Agustus 2022. Karnaval ini dilakukan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Sekira 3.000 peserta memeriahkan Karnaval Toleransi Merdeka yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenang) Palopo, Sabtu, 20 Agustus 2022 lalu. Start di Lapangan Pancasila sekira pukul 08.00 Wita.

Karnaval diikuti sejumlah sekolah dan organisasi keagamaan. Seperti Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), MAN, MTs Negeri, SMA dan SMP Frater, umat Katolik Gereja Paroki Santo Mikael, kelompok adat, GBI, BSI KC Palopo, Gereja Katolik Stasi SFX Rampoang, Gereja Toraja Jemaat Imanuel, Jemaat Sion, MTs Opu Dg Risaju, MTs Satap Datok Sulaiman, Gereja Toraja Jemaat Eben Haezer, MI DDI 1, dan lainnya.

Tampak hadir Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palopo Firmanza DP, Kepala Kantor Kemenag Palopo, Drs Drs H Jufri MA, Rektor IAIN Palopo Prof Dr Abdul Pirol MAg, Ketua FKUB Prof Dr HM Said Mahmud LC MA, dr Mesak Sule, dan tokoh lintas agama lainnya. Juga hadir Kepala Kesbangpol Palopo Drs Hasanuddin MSi, serta perwakilan Polres.

Peserta Karnaval Toleransi Merdeka diikuti lembaga dan sekolah keagamaan start di Lapangan Pancasilan, Sabtu, 20 Agustus 2022 lalu.

Karnaval diawali Sambutan Kakan Kemenang, Sekkot Palopo, lalu penandatanganan kesepakatan dan kesepahaman untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila, moderasi dan toleransi beragama, dari perwakilan pemuka agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu.

Setelah itu pelepasan peserta karnaval oleh Sekkot. Adapun rute karnaval yakni start di Lapangan Pancasila, lalu keluar di Jl. Andi Djemma, terus ke Jembatan Amassangan, lalu belok di Jl. KH Ahmad Dahlan, masuk di Jl. Rambutan.

Kemudian Jl. Kelapa lewat Jembatan Bolong, belok di Jl. Anggrek Non Blok, terus ke samping utara SMAN 3. Lalu belok kiri menuju Jl. Anggrek Blok A (belangan SMAN 3), lalu belok lagi di samping selatan SMAN 3, dan finish di Kantor Kemenang Palopo.

Kakan Kemenag Palopo, H Jufri mengatakan, Karnaval Toleransi Merdeka diadakan serentak oleh Kemenag pada seluruh kabupaten/kota se Sulsel, sebagai salah satu agenda dari rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan tema “Merdeka dalam Keberagaman dan Toleran dalam Perbedaan”.

Ketua FKUB Palopo, Prof Said Mahmud bersama tokoh lintas agama membacakan komitmen toleransi antar umat beragama.

Ia berharap, karnaval dapat dijadikan momentum untuk memperkuat silaturrahim antar sesama anak bangsa di tengah-tengah keberagaman suku, budaya, dan perbedaan agama sehingga dapat bersama membangun kota Palopo lebih maju dan sejahtera.

Ditambahkan Humas Kemenag Palopo, Rudy Purwanto SE, karnaval ini diiringi marching band Madrasah Aliah Negeri (MAN) Kota Palopo di bawah asuhan Nasrun Nawir dan Witri dengan membawa personil sebanyak 63 orang.

Sementara peserta yang mengikuti karnaval diperkirakan melebihi 3.000 orang. Peserta terbanyak adalah MTsN Palopo dipimpin langsung Kepala Madrasah, Muh Nurdin AN dengan memboyong porsonil sebanyak 1.300 orang. (ikh)

  • Bagikan