Sembilan Kelurahan Rawan Banjir di Palopo

  • Bagikan

Kalaksa BPBD Palopo, Drs Burhan Nurdin MSi


* 36 Personil BPBD Stand By 24 Jam, Ada Bencana Hubungi No. 081242362552

MUNGKAJANG-- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palopo telah memetakan tiga potensi bencana di kota ini. Yakni banjir, longsor, dan puting beliung.

Menurut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Palopo, Drs Burhan Nurdin MSi didampingi Komandan Peleton (Danton) Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD, Zulkifli yang ditemui Palopo Pos di ruang kerjanya, awal pekan ini, ada sembilan kelurahan pada empat kecamatan yang rawan bencana banjir.

Di Kecamatan Telluwanua empat kelurahan yakni Kel. Sumarambu, Pentojangan, Maroangin, dan Salubattang. Keamatan Wara Timur dua kelurahan yakni Salotellue dan Surutanga. Kec. Wara juga dua kelurahan yakni Dangerakko dan Amassangan. Serta Kel. Sampoddo di Kec. Wara Selatan.

Disinggung banjir di Kel. Tobulung dan Kel. Buntu Datu, termasuk RSUD Sawerigading, Zulkifli mengatakan, wilayah tersebut tidak masuk kategori banjir. Karena disitu hanya luapan air dari drainase.

''Beda dengan Telluwanua, Wara Timur, dan Wara. Itu memang banjir dari Sungai Salubattang dan Sungai Latuppa, yang tidak mampu lagi menampung debit air yang tinggi,'' imbuh Zulkifli.

Lanjut alumni STPDN ini, kemudian bencana longsor berpotensi terjadi di Kel. Battang dan Battang Barat Kec. Wara Barat, serta Kel. Latuppa Kec. Mungkajang. Lalu angin puting beliung di Kel. Pontap, Ponjalae, dan Salotellue Kec. Wara Timur.

Mengingat intensitas hujan cukup tinggi dalam satu pekan ini (28 Agustus - 2 September) sesuai informasi BMKG, masyarakat di wilayah potensi bencana diminta untuk senantiasa waspada.

BPBD sendiri, lanjut Burhan, sebanyak 36 personil TCR stand by 24 jam untuk melakukan tindakan penyelamatan jika terjadi bencana. Mereka terbagi dalam dua regu, masing-masing beranggotan 18 orang. Regu 1 yang diketuai Irwan dan Regu 2 diketuai Ricard.

Bila terjadi bencana, masyarakat bisa menghubungi call centre 0471-3310239 atau nomor kontak 081242362552.

TRC BPBD dilengkapi fasilitas berupa dua unit perahu karet, alat penghisap air atau alkom satu unit, dan peralatan evaluasi lainnya seperti sunsaw (mesin gergaji), dan lainnya. (ikh)


Wilayah Rawan Bencana di Palopo

* Rawan banjir
- Kec. Telluwanua: Kel. Sumarambu, Pentojangan, Maroangin, dan Salubattang.
- Kec. Wara Timur: Kel. Salotellue dan Surutanga.
- Kec. Wara: Kel. Dangerakko dan Amassangan.
- Kec. Wara Selatan: Kel. Sampoddo

* Rawan Longsor
- Kec. Wara Barat: Kel. Battang dan Battang Barat
- Kec. Mungkajang: Kel. Latuppa

* Rawan puting beliung
- Kec. Wara Timur: Kel. Pontap, Ponjalae, dan Salotellue

* Nomor Telepon Bencana
- Call centre BPBD: 0471-3310239
- Nomor kontak TRC: 081242362552

* Sumber: BPBD Palopo. (*)

  • Bagikan