Triono dan Saltima Tampil ‘Mesra’ di Acara PMTI

  • Bagikan
Triono Kusnan (kiri) salam komando dengan Saltima di acara pelantikan pengurus PD PMTI Luwu Utara, Sabtu 27 Agustus 2022, di Masamba. Keduanya diunggulkan maju di Pilkada Luwu Utara.
  • Salam Komando untuk Luwu Utara 2024

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA --- Triono Kusnan dan Saltima Ri'pi Tanjong tampil "mesra" di acara pelantikan pengurus PMTI Luwu Utara, Sabtu 27 Agustus 2022. Hal itu terekam ketika kedua tokoh asal Luwu Utara ini berjalan kaki menuju Aula Lagaligo Kantor Bupati Masamba.

Keduanya berjalan santai mengiringi drum band persembahan dari Hanura Sulsel. Mereka terlihat bercakap-cakap. Sesekali keduanya tertawa lepas sambil melambaikan tangan ke arah warga yang berdiri di jalur dua menuju kantor bupati Luwu Utara. Triono tampak melempar senyum dan Saltima terlihat melambaikan tangan.

Melihat ini, beberapa pengurus PMTI langsung bersenda gurau. "Mantap kalau duet ini di Luwu Utara". Mendengar itu, keduanya hanya tersenyum. "Haha". Saltima tertawa lepas sambil melirik Ketua Pengurus Wilayah (PW) Kalimantan Tengah Irbar Pairing Senobua.

Triono yang menghadiri acara pelantikan pengurus PD PMTI Luwu Utara, mengenakan pasapu Toraja dengan balutan jas warna khas Partai Demokrat. Kemudian Saltima tampil elegan dengan rambut disanggul dengan balutan busana adat Toraja. Dengan sanggul kelihatan menonjolkan keanggunan dari sosok Saltima.
Tak mau melewatkan momen yang langka tersebut. Sebelum keduanya ke aula Lagaligo sebagai lokasi acara pelantikan pengurus PD PMTI Luwu Utara. Triono dan Saltima melakukan salam komando. Lagi-lagi aksi mereka menyita perhatian masyarakat dan pengurus PMTI lainnya. Momen salam komando ini langsung diabadikan. Cerita di antara pengurus PMTI yang jalan kaki berlanjut.
Ada peserta dalam barisan terdengar menyebut, "wow keren. Ini adalah salam komando untuk Luwu Utara 2024". Ada juga yang bicara lepas. Pasangan ini pas untuk Luwu Utara 2024. "Pasangan ideal," kata mereka.

Siapa Triono dan Saltima? Triono Kusnan adalah Ketua Partai Demokrat Luwu Utara. Sebelum diangkat jadi ketua, Triono masuk jajaran pengurus Partai Demokrat Provinsi Sulsel. Triono adalah owner dari Hotel Elegant dan Hotel Air Port. Hotel ini berada di Masamba. Triono juga adalah alumni SMAN 158 Palopo. Taman kanak-kanak di Masamba. TK Muhammadiyah.
Namanya dulu pernah meramaikan bursa pilkada Luwu Utara. Kemudian pernah caleg DPRD Sulsel. Jadi pengalaman politik owner Hotel Elegant ini tak diragukan lagi.

Sedangkan Saltima Ri'pi adalah Srikandi Luwu Utara yang dipercaya sebagai ketua PD PMTI Bogor, Jawa Barat. Ia lahir dan besar di Luwu Utara. Namanya memang sudah ramai diperbincangkan di tengah masyarakat Luwu Utara. Maju sebagai bakal calon Bupati Luwu Utara di 2024.
Wanita kelahiran Bungadidi 15 Mei tahun 1978, anak kedelapan dari sembilan bersaudara dari pasangan suami istri Marthen Ri'pi dan almarhum Debora Rangga Tangjong. "Saya ingin membangun kampung halaman saya Luwu Utara," kata Saltima.

Saat ini dirinya tengah melakukan sosialisasi konsolidasi terkait keinginan dirinya maju sebagai bakal calon bupati. Dalam berbagai polling yang beredar luas di grup-grup WA dan media sosial lainnya, nama Saltima masuk salah satunya. Nama lain yang cukup kuat di polling bakal calon bupati Luwu Utara adalah Dewi Sartika Pasande, Arsyad Kasmar, Suaib Mansyur, Andi Abdullah Rahim, Andi Sukma, Drs Basir, Mahfud Yunus, dan lainnya.

Kalau Saltima sudah terang-terangan menyatakan maju di Pilkada Luwu Utara tahun 2024, Triono Kusnan sendiri sejauh ini belum menyatakan sikap apakah maju di Pilkada Luwu Utara atau fokus membsarkan partai Demokrat. Masih wait and see.

Ketika di Hotel Elegant-di sela-sela menjamu Ketum PMTI Mayjend TNI (Purn) Yulius Selvanus Lumbaa dan rombongan-Triono hanya tersenyum ketika namanya disebut-sebut bakal maju di Pilkada Luwu Utara.

Ia mengaku belum berpikir ke pilkada Luwu Utara. Ia lebih fokus besarkan partai Demokrat Luwu Utara sebagai ketua. Ada kemungkinan Triono lebih fokus maju sebagai caleg DPRD Luwu Utara. "Kemungkinan maju di pileg," tandasnya. (man-ary)

  • Bagikan