Hari Ketiga Ops Zebra di Tana Toraja, Polisi Sasar Sekolah dan Pasar Hingga Keluarkan 20 Surat Teguran

  • Bagikan

Personel Satlantas Polres Tana Toraja melakukan teguran kepada masyarakat pada pelaksanaan Ops Zebra 2022 di Jalan Ikhwan, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Rabu (5/10/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Memasuki hari ketiga Operasi Zebra 2022, Polres Tana Toraja menyasar lokasi keramaian seperti Pasar Makale dan pelajar di SMAN 1 Makale, Kecamatan Makale, Tana Toraja, Rabu (5/10/2022).

Personel Sat Lantas Polres Tana Toraja sebagai pengemban operasi menjabarkan tujuan Ops Zebra 2022 dengan tujuh sasaran atau bentuk perilaku yang menyimpang saat berkendara.

Kasat Lantas Polres Tana Toraja, Iptu Adnan Leppang memaknai peringatan Hari Jadi TNI ke 77 dengan menyebarkan pesan-pesan keselamatan berkendara kepada masyarakat.

Pesan tersebut yaitu tujuh larangan saat berkendara sebagai sasaran prioritas Ops Zebra 2022 dan tentu tetap mengedepankan sisi edukasi.

“Kita tetap kedepankan sisi edukasi, penyampaian perilaku berkendara yang diimbau agar tidak dilakukan, dan disampaikan langsung kepada warga yang sedang beraktifitas di pasar,” ucap Adnan.

Lanjut Adnan, sebelum menuju ke pasar Makale, bersama personel terlebih dulu memberikan pesan tujuh perilaku yang dilarang dilakukan saat berkendara kepada siswa-siswi di SMAN 2 Makale.

Selain mengedepankan penyuluhan dalam bentuk edukatif ditengah masyarakat dan pelajar, juga dilakukan tindakan gakkum secara persuasif yaitu tindakan berupa tindakan non yustisi (teguran) di Jalan Ikhwan, Makale.

Teguran di lokasi dipimpin Kanit Regident, Iptu Nurdin dan mencatatkan 20 lembar surat teguran yang diberikan kepada pengguna kendaraan.

“20 pelanggar diberikan sanksi surat teguran dengan jenis pelanggaran yang didominasi pelanggaran pengendara melawan arus,” pungkas Adnan.

Adapun tujuh sasaran prioritas Ops Zebra 2022 yaitu penggunaan handphone saat berkendara, pengendara bermotor lebih dari satu orang, pengemudi dan pengendara dibawah umur, tidak menggunakan helm berstandar SNI, pengemudi dan pengendara dalam pengaruh alkohol, melawan arus lalulintas dan batas kecepatan maksimal.

Ops Zebra berlangsung sejak tanggal 3 Oktober sampai 16 Oktober 2022. (risna)

  • Bagikan