Kodim 1403 Palopo Upacara HUT TNI Ke-77 di Lapangan Gaspa

  • Bagikan
Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Apriadi Nidjo bertindak langsung sebagai inspektur upacara HUT TNI ke-77 di Lapangan Gaspa Palopo, Rabu 5 Oktober 2022. IDRIS/PALOPO POS
  • Letkol Inf Apriadi Bacakan Amanat Panglima TNI

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Komando Distrik Militer (Kodim) 1403 Palopo memperingati HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-77 di Lapangan Gaspa Palopo, Rabu 5 Oktober 2022, pagi.

Peringatan HUT TNI digelar secara sederhana lewat upacara yang dihadiri sejumlah perwakilan kepala daerah se-Tana Luwu, Kapolres se-Tana Luwu, pimpinan DPRD se-Tana Luwu, dan pimpinan BUMN dan instansi vertikal di Tana Luwu.

Upacara memperingati HUT TNI ke-77 Tahun 2022 dilaksanakan dengan tema ” TNI ADALAH KITA”.
Dandim 1403 Palopo, Letkol Inf Apriadi Nidjo bertindak langsung sebagai inspektur upacara dengan membacakan amanat dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Adapun amanat Panglima TNI yang disampaikan yang pada intinya, Panglima mengimbau kepada seluruh prajurit dan PNS TNI untuk selalu menjaga kepercayaan masyarakat, dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI dimanapun kita bertugas sesuai dengan tema HUT TNI ke-77” TNI ADALAH KITA.

Sementara itu, usai upacara ditutup dengan sesi foto bersama dengan undangan yang hadir dengan latar baliho ucapan HUT TNI ke-77.

Kepada awak media yang hadir meliput, perwira TNI AD dua bunga ini mengungkapkan jika HUT TNI tahun ini dengan tema 'TNI Adalah Kita' berupaya untuk lebih dekat dengan masyarakat. Itu tergambar dari sejumlah kegiatan sosial yang digelar di wilayah teritorial Kodim 1403 Palopo. "Semua kita tujukan agar TNI secara umum maupun khusus di Luwu Raya ini bisa bersama sama dengan masyarakat, bersinergi dengan instansi terkait untuk kemajuan bersama," kata perwira TNI AD dengan pangkat dua bunga ini.

Itu berangkat dari jargon TNI Demi Rakyat, Untuk Rakyat. "TNI adalah kita ini artinya buat semua tanpa pandang bulu, semuanya sama, bagaimana kita melebur ke masyarakat, intinya TNI demi Rakyat untuk rakyat," katanya.

Ia menambahlan TNI ke depan akan terus membangun kepedulian dan mendukung program pusat itu juga berdasarkan perintah TNI, Kasad dan Pangdam dimana TNI harus peduli kepada masyarakat, apalagi kondisi sekarang ini masyarakat lantaran situasi global serta pasca pandemi," jelasnya.

Kodim 1403, Sawerigading akan melaksanakan program untuk menjaga ketahanan pangan masyarakat. Dimana TNI akan turun ke lapangan mengajak masyarakat untuk menanam. "Misalnya pekarangan mereka akan ditanami sayur mayur, misalnya cabai, terong dan sebagainya, karena masyarakat di Tana Luwu ini ada lahan untuk ketahanan pangan mereka, memang saat ini belum terasa tapi jika semua masyarakat melakukannya bisa lebih maksimal untuk ketahanan pangan mereka," terangnya.

Sejumlah kegiatan sosial sudah digelar diantaranya ziarah ke makam pahlawan, peduli stunting dengan memberikan bantuan, anjangsana kepada pensiunan TNI dan Veteran, doa bersama serta Donor darah dimana pada pagi kemarin di RS Tentara terkumpul sebanyak 100 kantong yang akan diserahkan kepada PMI. "Jadi TNI dimanapun akan tetap bersama rakyat,"jelasnya.Sebagai puncak kegiatan ini kami akan melaksanakan upacara di lapangan Gaspa Palopo.(idr)

  • Bagikan