Pelantikan ICMI Tana Toraja, Prof Arismunandar Harap Jadi Perekat Organisasi Islam

  • Bagikan

Penyerahan bendera oleh Ketua Pengurus Wilayah ICMI Sulsel, Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd kepada Ketua Pengurus Daerah ICMI Kabupaten Tana Toraja, H. Tamrin Lodo setelah dilantik di Aula Masjid Raya Makale di Kecamatan Makale, Minggu (2/10/2022). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Pengurus Daerah Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Tana Toraja resmi dilantik oleh Ketua Pengurus Wilayah ICMI Provinsi Sulawesi Selatan, Prof. Dr. Arismunandar, M.Pd.

Pelantikan pengurus ICMI Tana Toraja periode 2022-2027 berlangsung di Aula Masjid Raya Makale di Kecamatan Makale, Minggu (2/10/2022) kemarin.

Diketuai oleh H. Tamrin Lodo M.Pd.i dan disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Tana Toraja, dr. Zadrak Tombeg.

Acara diawali dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) pengurus wilayah ICMI Sulsel dan dilanjutkan pelantikan oleh Prof. Dr. Arismunandar dan janji pengurus yang dibacakan oleh H. Tamrin Lodo.

Tamrin Lodo dalam sambutannya mengatakan ICMI bukan kumpulan sarjana saja, tapi kumpulan orang-orang Muslim yang berkomitmen untuk menghadirkan kepedulian dalam bentuk apa saja.

“Pada Anggaran Dasar ICMI pasal satu dikatakan bahwa Cendikiawan Muslim adalah orang-orang yang senantiasa meningkatkankan Iman dan Tagwa serta berupaya meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan sesuai kemampuanya dalam kehidupan sehari-hari,” ungkapnya saat ditemui, Senin (3/10/2022).

Lanjut Tamrin menjelaskan ICMI didalamnya tidak harus orang sarjana yang penting punya kepedulian dengan lingkungan, tentang kebaikan, peduli agama, pendidikan, bangsa dan negara.

Sementara Ketua Wilayah ICMI Sulsel Prof.Dr Arismunandar turut memuji antusias para pengurusan ICMI Kabupaten Tana Toraja dalam mensukseskan pelantikan dan mengatakan, pelantikan tersebut paling ramai dari pengurus ICMI Kabupaten/Kota di Sulsel.

“Saya harap ICMI Tana Toraja ini menjadi perekat seluruh elemen dan organisasi Islam di Tana Toraja, agar juga dapat bertransformasi untuk kemajuan daerah,” ucapnya.

Lanjut Guru Besar dan Mantan Rektor UNM itu mengatakan bahwa, Ia menitip ICMI untuk dibina dan dikembangkan serta diingatkan dan dimanfaatkan untuk pengembangan serta kemajuan Tana Toraja kedepan.

Wabup dr. Zadrak Tombeg turut mengapresiasi pelantikan ICMI Tana Toraja dan mengatakan bahwa, kehadiran ICMI sangat strategis untuk menjawab persoalan-persoalan masyarakat, terutama pada era yang samakin maju dan kadang kalah teknologi dibenturkan dengan agama.

“Harapan bersama kita bahwa ICMI dapat menjadi tempat menyatuhkan ide dan gagasan demi kemajuan Indonesia dan untuk Toraja pada khususnya,” harap Zadrak.

Pelantikan ditutup dengan penyerahan bendera ICMI dari Ketua ICMI Sulsel kepada Ketua ICMI Tana Toraja.

Turut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Tana Toraja, Usman Sennong juga sebagai Dewan Penasehat ICMI Tana Toraja, Ketua MUI Tana Toraja, Zainal Muttaqin, Ketua Baznas Tana Toraja, Camat Makale, para Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan tamu undangan lainnya. (risna)

  • Bagikan