Tak Dilirik Pemkab Tana Toraja, Jalan Rusak Terpaksa Diperbaiki Secara Swadaya Warga dan Perantau Batualu

  • Bagikan

Kepala Lembang Batualu Selatan, Pradyan Rizky Linding Allo. --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Jalan poros Batualu-Patengko di Lembang (Desa) Batualu Selatan, Kecamatan Sangalla Selatan, Tana Toraja kondisi rusak parah dan sangat memprihatinkan.

Terlihat jalan berlubang dan kubangan air, sehingga membuat resah warga setempat dan pengguna jalan.

Maka itu, warga setempat dan para perantau (Diaspora) asal Batualu Selatan patungan memperbaiki ruas jalan setelah beberapa waktu lalu warga melakukan aksi menanam pohon pisang dan menebar ikan di titik jalan tergenang air.

Namun, sayangnya aksi protes tersebut tidak dilirik oleh Pemkab Tana Toraja dan belum ada penindakan untuk memperbaiki ruas jalan kabupaten tersebut.

Kepala Lembang Batualu Selatan, Pradyan Rizky Linding Allo mengatakan, daripada menunggu lama dibantu pemerintah daerah maka, warga berinisiatif sendiri untuk memperbaiki jalan.

“Kami lakukan penimbunan di titik jalan yang rusak, semua anggaran kami gunakan murni dari swadaya masyarakat dan perantau dari kampung ini,” ungkapnya saat ditemui, Senin (3/10/2022).

Lanjut Pradyan, warga setempat dan para perantau menggunakan alat berat untuk memperbaiki jalan rusak yang dimulai dari Kelurahan Batualu ke Batualu Selatan hingga perbatasan ke Lembang Simbuang, Kecamatan Mengkendek.

“Swadaya masyarakat dan perantau Batualu masih berlangsung hingga saat ini, dan total panjang jalan kurang lebih 4 kilometer,” pungkasnya.

Sebagai aparat lembang dan peduli masyarakatnya, Pradyan berharap agar Pemkab Tana Toraja menyambut baik aksi warga dan para perantau Batualu yang telah peduli dengan kampungnya. (risna)

  • Bagikan