Rektor UT Prof Ojat Salat Jumat di Masjid Tua Jami Palopo Tanah Luwu Usianya Empat Abad

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID -- Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D, dalam kunjungan kerja ke Tanah Luwu, sempat melaksanakan salat Jumat di Masjid Jami Kota Palopo Tanah Luwu, Jumat 7 Oktober 2022.

Prof Ojat melaksanakan salat Jumat pada masjid yang dibangun oleh Raja Luwu Sultan Andi La Patiware pada tahun 1604. Masjid ini dibangun berdampingan Istana Kerajaan Luwu.

Turut ikut salat Jumat di Masjid Tua Jami Palipo, pada rombongan Prof Ojad, Staf Rektor UT, Umar, Direktur UT Makassar, Drs Hasanuddin, M.Si, Pj Marketing Eksekutif UT Makassar membidangi Kerjasama, Sosprom, Humas dan Alumni, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM.

Prof Rahman usai salat Jumat menjelaskak ke Rektor UT Prof Ojat konstruksi masjid tua ini terbuat dari putih telur tetap masih berdiri kokoh. Ditopang kayu cinna gori raksasa, arsitektur masjid berusia empat abad itu masih eksis sampai kini.

Pada tiang utama masjid tua ini terpaksa di tutup dengan kaca transparan karena kerap dikuliti untuk dijadikan jimat oleh jamaah yang datang salat, katanya.

Kepada media Prof Ojat usai salat Jumat mengatakan, salat Jumat di masjid tua ini merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan. Salat Jumat di mesjid yang memiliki sejarah panjang dalam peradaban Islam di Sulawesi, katanya.

  • Bagikan