PLTS Bangli Gabungkan Listrik Bersih untuk Pertanian

  • Bagikan
PLTS BANGLI DUKUNG PERTANIAN HIDROPONIK NFT. Krisma, salah seorang teknisi di PLTS Bangli, Bali, sedang memeriksa tegangan listrik yang dialirkan ke pompa air budidaya tanaman selada, Jumat 14 Oktober 2022. Selain untuk penerangan listrik warga, PLTS Bangli juga berinovasi untuk menggunakannya mendukung sistem pertanian modern, melalui metode Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT). IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID BANGLI -- Pihak pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS Kayubihi, Bangli, Provinsi Bali menerapkan inovasi yaitu, listrik ramah lingkungan untuk mendukung pertanian dan perikanan.

Salah satu metode yang diterapkan adalah hidroponik NFT.

Krisma, salah seorang teknisi di PLTS Bangli mengatakan kepada PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, penerapan sistem ini terbilang baru.

Pihaknya baru mencoba untuk tanaman yang mudah tumbuh, seperti selada.

Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT) merupakan teknik menanam sayur atau tanaman yang biasanya dilakukan tanpa media tanah. Dianggap lebih praktis dan modern, sistem tersebut mengutamakan penggunaan air berbasis nutrisi dan tidak membutuhkan banyak lahan. (idr)

Foto-foto Pemanfaatn Listrik Bersih PLTS untuk Pertanian

  • Bagikan