Komisi I DPRD Luwu Bahas DOB Luteng

  • Bagikan

Komisi I DPRD Luwu dan Komite Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Luwu Tengah (KOMPAK) usai membahas di komisi I DPRD Luwu terkait perjuangan DOB Luwu Tengah Selasa (25/10) menemui Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd di ruang kerjanya. --albert tinus--

O

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Komisi I DPRD Luwu Selasa (25/10) menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait perjuangan usulan untuk pemekaran daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Luwu Tengah, dengan menghadirkan Komite Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Luwu Tengah (KOMPAK).

Ketua KOMPAK Listan CR, kepada Harian Palopo Pos, mengungkapkan, KOMPAK merasa perlu menyampaikan aspirasi, terkait kelanjutan perjuangan pemekaran DOB Luteng.

" Kami hadir di Komisi I DPRD Luwu meminta lembaga legislatif dan eksekutif dalam hal ini Bupati Luwu untuk serius menyikapi usulan pemekaran DOB Luteng. Apalagi hari ini adalah Luwu di pimpin oleh Bupati Luwu Bapak Drs H Basmin Mattayang, M.Pd yang pada periode pertamanya sudah mengawali dan menginisiasi Walmas agar dimekarkan menjadi DOB Luwu Tengah, " Ungkap Listan.

Listan menjelaskan pihaknya sangat mengapresiasi respson pisitif dari Ketua Komisi I Erwin Barabba dan Sekretaris Komisi I Andi Muhammad Arfan Basmin yang antusias menyikapi urusan perjuangan Pembentukan Luteng yang sampai hari ini masih di gelorakan.

" Memang saat ini Moratorium Pemekaran, tetapi pemerintah pusat tidak menutup keran secara permanen. Untuk itu Eksekutif dan legislatif perlu mempersiapkan seluruh persyaratannya. Kami tegaskan urusan pemekaran DOB Luwu Tengah ini bukan soal kepentingan, melainkan sebuah kebutuhan untuk mewujudkan kesejateraan masyarakat. Untuk itu perjuangan tidak boleh basi, " Kata Listan.

Ketua Komisi I Erwin Barabba didampingi Sekretaris Komisi I DPRD Luwu Andi Muhammad Arfan Basmin, kepada Harian Palopo Pos mengatakan, terkait tindaklanjut dari RDP di komisi I tersbut pihaknya telah berkordinasi Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, m.Pd dan orang nomor satu di Kabupaten Luwu sangat merespon positif.

" Terkait pembahasan usulan pemekaran DOB Luwu Tengah ini komisi I DPRD Luwu akan bertolak ke Jakarta untuk menemui Biro Otda Kementerian Dalam Negeri, Bertemu dengan Komisi II DPR RI dan Ketua DPD RI di Senayan Jakarta, " Kata Erwin Barabba.

Erwin Barabba mengatakan, Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd adalah tokoh birokrat yang menginisiasi pembentukan DOB Luwu Tengah yang hingga saat ini masih terus diperjuangkan, dan sangat diharapkan dengan tersisa satu tahun kepemimpinan Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang, M.Pd, Walmas dapat terbentuk menjadi Daerah Otonom Baru.

" Bupati Luwu Bapak H Basmin Mattayang di periode pertama memekarkan Walmas menjadi 6 kecamatan sebagai cikal bakal perjuangan DOB Luwu Tengah. KOMPAK mengajak lembaga legislatif dan eksekutif untuk satu frekuensi agar tetap komitmen memperjuangkan pembentukan Luwu Tengah, " Kata Erewin Barabba diamini Andi Muhammad Arfan Basmin. (andrie islamuddin)

  • Bagikan