Daerah Pemilihan di Torut Tetap V, Jan Hey Pakan: Hanya Kecamatan Dapil yang Bergeser Sesuai Uji Publik

  • Bagikan

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jan Hey Pakan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO -

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan wilayah pemilihan Kecamatan dan kursi yang tersedia di lima daerah pemilihan (Dapil) yang dilanjutkan KPUD Kabupaten Toraja Utara.

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jan Hey Pakan Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan terkait jumlah daerah pemilihan (dapil) yang disetujui untuk Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 katakan penetapan daerah pemilihan (Dapil) ada perubahan ada pergeseran Kecamatan.

"Jadi tetap lima Dapil ,tetapi ada kecamatan yang bergeser , yaitu kecamatan Bangkelekila yang awalnya ada di dapil V sekarang ada di dapil ll. Dan Kecamatan Dende Piongan Napo yang dulunya berada di dapil lV sekarang berada di dapil 5.

Hanya itu perubahannya, dan itu disesuaikan dengan prinsip pemetaan dapil . Contoh kemarin kecamatan Sesean Suloara berdasarkan dari uji publik Masyarakat mengatakan cocoknya sesean suloara itu di dapil ll karena dari sisi budaya dan sejarah hal yang sama juga Kecamatan Dempina" Jelas Jan Hery Pakan, Rabu,8 Februari 2023.

Berikut daerah pemilihan wilayah pemilihan per kecamatan dan kursi yang ada, diantaranya:

7 kursi Untuk daerah pemilihan (Dapil) 1 meliputi wilayah pemilihan Kecamatan Rantepao, Kecamatan Tikala dan Kecamatan Tallunglipu .

6 Kursi Untuk daerah pemilihan (Dapil) ll meliputi wilayah pemilihan Kecamatan Sesean, Kecamatan Sa'dan, Kecamatan Balusu, Kecamatan Sesean Siloara dan Bangkelekila.

5 kursi untuk Daerah Pemilihan (Dapil) lll meliputi wilayah pemilihan Kecamatan Nanggala, Kecamatan Tondon, Kecamatan Buntao dan Kecamatan Rantebua.

6 kursi Untuk Daerah Pemilihan (Dapil) lV meliputi wilayah pemilihan Kecamatan Sanggalangi , Kecamatan Kesu' dan Kecamatan Sopai .

6 Kursi untuk daerah pemilihan (Dapil) V meliputi wilayah pemilihan Kecamatan Rindingallo, Kecamatan Dende' Piongan Napo , Kecamatan Kapala Pitu, Kecamatan Buntu Pepasan , Kecamatan Baruppu dan Kecamatan Awan Rante Karua .(albert tinus)

  • Bagikan