Ayo PSM! Libas Kembali Maung Bandung

  • Bagikan

Duel Klasik dan Bakal Sengit, Berburu Puncak Klasemen

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BANDUNG-- Duel klasik yang diprediksi akan berjalan sengit dan ketat, bakal dilakoni PSM Makassar. Sukses bantai Persib Bandung 5-1 pada putaran pertama dulu, membuat kubu PSM penuh semangat menghadapi partai ini.

Tim Laskar Phinisi, akan menjajal Persib di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa, 14 Februari 2023 dan akan disiarkan langsung Indosiar, mulai pukul 16.00 Wita.

Laga Super Big Match ini, karena PSM Makassar berada pada peringkat kedua dengan raihan 47 poin dan Persib peringkat ketiga dengan perolehan 46 poin.

Persib Bandung berada dalam tren positif karena tidak terkalahkan dalam 15 pertandingan terakhir BRI liga 1. 

Sedangkan PSM Makasar juga berada dalam tren positif dalam 5 laga terakhir menelan hasil 1 kali imbang, 1 kali kalah dan 3 kali kemenangan. 

Pada partai ini PSM sudah siap tempur. Semua pemain siap tampil.

Kapten tim, Wiljan Pluim bakal menjadi otak permainan Juku Eja. Di laga sebelumnya menghadapi Barito Putera, pemain berpaspor Belanda ini mencetak dua gol.

Pemain andalan PSM lainnya, Ramadan Sananta dan Yakob Sayuri. Dua pemain ini adalah aktor di balik kekalahan Persib 1-5 atas PSM di putaran pertama. Saat itu, Sananta dan Yakob sama-sama mencetak brace.

Pada partai ini, PSM Makassar tidak diperkuat oleh Dzaky Asraf karena panggilan timnas dan Abdul Rahman akibat cedera lutut.

Bagaimana dengan Persib Bandung? Persib dipastikan tidak akan diperkuat Daisuke Sato.

Pemain yang punya julukan Sato 'Martinez' ini terkena larangan bermain setelah dapat kartu kuning ketiga di laga melawan Bali United.

Absennya Sato membuat Rezaldi Hehanussa berpeluang diturunkan sejak awal.

Pemain yang didatangkan pada jendela transfer Januari kemarin ini, kemungkinan bakal mengisi pos wing back kiri.

Selain Sato, semua punggawa Maung Bandung siap tampil melawan PSM. Di lini belakang ada Nick Kuipers, Victor Igbonefo dan Rachmat Irianto kemungkinan bakal bermain bersama.

Kemudian di tengah, ada nama Dedi Kusnandar, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Beckham Putra hingga Abdul Aziz yang bisa jadi pilihan Luis Milla.

Di depan, duet penyerang haus gol, David da Silva dan Ciro Alves pastinya bakal kembali jadi andalan Luis Milla di lini depan. Hingga pekan ke-23, kedua pemain asal Brasil itu sudah mengoleksi 26 gol dan 8 assist.

Pangeran Biru harus berkerja keras mengamankan tiga poin di laga penting ini untuk bisa kembali ke puncak klasemen sementara.

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares memuji penampilan Persib Bandung yang 14 kali melakoni pertandingan terakhir tidak pernah terkalahkan.

Meski begitu, pelatih PSM tak gentar. Berhasil menang mudah saat berhadapan Barito Putera pada pekan lalu, bagi Bernardo menjadi modal untuk menghadapi Persib Bandung di laga berikutnya.

Pelatih PSM Bernardo Tavares belum mau berkomentar banyak tentang Persib yang menjadi calon lawan timnya di laga selanjutnya. ''Siapa pun lawan, kita akan hadapi dengan all out,'' katanya.

Perlu diketahui, Bernardo Tavares memiliki segudang pengalaman dalam karirnya sebagai pelatih di benua Asia walaupun karirnya banyak dihabiskan di dunia kepelatihan.

Ia pun memperoleh prestasi tertinggi dengan membawa New Radiant SC menjuarai Liga Maldives tahun 2016/2017 lalu.

Sementara itu, Pelatih Persib, Luis Milla memastikan, semua pemain dalam kondisi siap tampil. Dia berharap, hasil positif yang sudah didapat Pangeran Biru bisa berlanjut dengan persiapan yang sudah dilakukan dalam beberapa hari terakhir.

“Kami akan melanjutkan apa yang sudah dilakukan dalam pertandingan sebelumnya. Kami akan fokus dan kerja keras dalam pertandingan untuk meraih hasil maksimal. Pemain semua siap, siapapun yang akan tampil pada menit awal ataupun sebagai pengganti,” kata pelatih Persib asal Spanyol tersebut dalam konferensi pers menjelang laga, Senin 13 Februari 2023.

Milla mengakui, tidak mudah bisa meraih kemenangan atas PSM dalam pertandingan nanti. Namun, dengan dukungan bobotoh di stadion, hal itu bisa menambah motivasi pemain untuk bisa melanjutkan tren positif selama ini.

PSM MENANG TELAK

Pangeran Biru dibantai 5-1 oleh Juku Eja pada pertemuan pertama Liga 1 musim 2022/2023. Lima gol PSM dicetak dua oleh Yacob Sayuri, dua gol Ramadhan Sananta, dan satu gol pemain asing asal Belanda WIljan Pluim. Sementara satu gol balasan Persib dicetak eks gelandang Persija Marc Klok.

Saat laga itu, Persib bandung menurunkan penjaga gawang asal Bali, Made Wirawan. Dia kebobolan lima gol. Sementara di semua lini mulai belakang, tengah hingga depan, diisi pemain berkualitas. Depan ada David da Silva, Ciro Alves dan Febri hariyadi.

Gelandang ada Ricky Kambuaya, Marc Klok, dan Dedi Kusnandar. Belakang, Achmad Jufryanto, Daisuke Sato, Rachmat Irianto, dan Bayu Fikri.

Sementara PSM selaku tuan rumah menurunkan,  kiper Pratama, belakang Gutawa, Fernandes, Mannan, Tanjung, gelandang Asraf Huwaidi Syam, Arfan, Raehan,
penyerang Sayuri, Pluim, Sananta.

Persib dibuat repot dengan materi ini. Dan pada laga Selasa nanti di GBLA di hadapan Bobotoh, skuad ini masih akan dipercaya pelatih PSM Bernardo Tavares.

Namun yang membedakan Persib kali adalah sosok pelatih top asal Spanyol eks Real Madrid dan Barcelona, Luis Milla.

Eks pelatih Timnas Indonesia ini telah membuat rekor di Liga 1 Indonesia karena sudah 15 kali tak terkalahkan bersama Maung Bandung. Instruksi penting juga telah disampaikan Luis Milla kepada Marc Klok dan semua pemain. (*/fjr/net/pp)

Prediksi Pemain

Persib: Teja Paku Alam (PG), Nick Kuipers, Victor Igbonefo (C), Rachmat Irianto, Henhen Herdiana, Rezaldi Hehanussa, Dedi Kusnandar, Marc Klok, Beckham Putra, Ciro Alves, David da Silva

PSM: Reza Pratama (PG), Yuran Fernandes, Erwin Gutawa, Agung Mannan, Yakob Sayuri, M Arfan, Kenzo Nambu, Akbar Tanjung, Rizky Eka, Wiljan Pluim (C), Everton Nascimento

5 PertemuanTerakhir Persib dan PSM

Minggu 28 Agustus 2019 - PSM vs Persib 3:1
Minggu 22 Desember 2019 - Persib vs PSM 5:2
Sabtu 2 Oktober 2021 - Persib vs PSM 1:1
Selasa 22 Februari 2022 - PSM vs Persib 0:2
Senin 29 Agustus 2022 - PSM vs Persib 5:1

Head to Head Persib Bandung vs PSM Makassar

PSM Makassar: 4 kali menang, 2 kali imbang dan 5 kali kalah

Persib Bandung: 5 kali menang, 2 kali imbang dan 4 kali kalah

29 Agustus 2022: PSM Makassar VS Persib Bandung (5-1)

22 Februari 2022: PSM Makassar vs Persib Bandung (0-2)

Oktober 2021: Persib Bandung vs PSM Makassar (1-1)

22 Desember 2019: Persib Bandung vs PSM Makassar (5-2)

18 Agustus 2019: PSM Makassar vs Persib Bandung vs (3-1)

24 Oktober 2018: PSM Makassar vs Persib Bandung (1-0)

23 Mei 2018: Persib Bandung vs PSM Makassar (3-0)

26 Januari 2018: Persib Bandung vs PSM Makassar (0-1)

15 Oktober 2017: PSM Makassar vs Persib Bandung (2-1)

5 Juli 2017: Persib Bandung vs PSM Makassar (2-1)

29 Oktober 2016: PSM Makassar vs Persib Bandung (2-2)

2 Juli 2016: Persib Bandung vs PSM Makassar (3-2). (****)

  • Bagikan