Musrenbang di Sopai, Utusan Usulkan Skala Prioritas, Infrastruktur dan Pariwisata

  • Bagikan

Camat sopai ,Dra.Paulina Ruru Banne dan Ketua Komisi lll DPRD Kabupaten Toraja Utara Harun Rante Lembang saat menyampaikan sambutannya. Selasa, 28 Februari 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,RANTEPAO-- Kecamatan Sopai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2024 yang digelar di Ruamg Pola Kantor Kecamatan, Selasa, 28 Februari 2023.

Musrenbang tersebut dibuka langsung oleh Camat Sopai Dra. Paulina Ruru Banne,MM . dihadiri dua anggota DPRD Kabupaten Toraja Utara diantaranya Wakil Ketua DPRD Torut Calvin Para'pak Tondok, Harun Rante Lembang ketua komisi lll dari Fraksi Partai Nasdem dan Stepanus Mangatta dari Fraksi Partai Gerindra.

Dalam sambutannya, Camat Sopai mengatakan masing-masing usulan dari Lembang dan kelurahan telah direkap di kecamatan dan nantinya masing-masing utusan akan mengusulkan ke dinas terkait.

"Banyak usulan di masing-masing lembang dan kelurahan. Tetapi yang prioritas itu yang akan kita usulkan nantinya," jelas Camat Sopai ini.

Untuk Kepala OPD terkait lanjut Camat Sopai, agar apa yang sudah dirancang direalisasikan. Karena, tahun lalu banyak yang tidak terealisasi.

"Kami berharap kepada semua kepala OPD, yang sudah direncanakan untuk kecamatan kami, Kecamatan Sopai sekiranya itu boleh terealisasi. Dan juga kepada Bapak Anggota DPRD yang hadir saat ini ,kami mohon bantuan pembangunan di kecamatan Sopai. Kami berharap bahwa perwakilan kita dari kecamatan Sopai dapil empat akan memperjuangkan daerah pemilihannya.Tolong kepada Pak Dewan apa yang sudah dirancangkan agar diperjuangkan di sana (DPRD),'' harap Camat Sopai ini.

Sementara itu, Ketua komisi lll DPRD Kabupaten Toraja Utara Harun Rante Lembang menyampaikan bahwa anggota DPRD mendapatkan aspirasi ada ruang tersendiri. Kehadirannya hanya sebagai narasumber.

"Saat rapat di kantor, saya selalu menyampaikan agar pembangunan itu harus merata. Karena, saya melihat sendiri masih ada wilayah yang memang diporsir pembangunannya di situ. Sementara kita, ada yang sangat kurang termasuk kita di kecamatan Sopai beberapa kali kita Musrenbang saya sampaikan bahwa tiga jalan poros utama di kecamatan Sopai masih ada satu yang menjadi pekerjaan rumah (PR) kita. Yaitu, Lembang Salu untuk lanjutan jalan poros salu. Dan kalau saya lihat anggaran di tahun 2022 sekitar Rp8 miliar namun terpotong Rp4 Miliar, dan untuk lanjutan di sini saya lihat anggaran cuma Rp3 Miliar. Jadi masih ada sisa pekerjaan jalan sampai tahun 2024 baru bisa tuntas itu untuk jalan poros Salu,'' terang Harun Rante Lembang Ketua Komisi lll DPRD Kabupaten Toraja Utara.

Dalam Musrenbang, anggota DPRD juga mengusulkan agar obyek wisata di gunung sopai ditingkatkan agar menarik para wisatawan datang berkunjung. Begitu juga obyek wisata air terjun Sarambu Sikore dan Panorama Sawah seribu di Lembang Salu yang sarana dan prasarananya wajib dibangun sehingga menambah PAL bagi dusun Bela' dan Lembang.

Diketahui, untuk tahun 2024 , KPUD dan BAWASLU akan menyelenggarakan pemilihan Pilpres dan Wapres, DPD RI, DPR RI, DPRD kabupaten. Tentu akan mengunakan dana yang tidak sedikit,yang anggarannya wajib disiapkan oleh Pemerintah daerah,sehinggah dipastikan banyak kegiatan di tahun 2024 tidak akan berjalan sesuai usulan yang ada saat ini.

Turut hadir Staf Ahli Jonathan Manturino, Kapolsek Sopai IPTU .Mathius mewakili Danramil Koptu Derpy, mewakili Kepala Bappelitbangda, Kepala Puskesmas Sopai, para perwakilan OPD terkait, para Kepala Lembang, dan lurah serta para utusan masing-masing Lembang dan kelurahan .(albert tinus)

  • Bagikan