Dalam Rangka 110 Tahun IMT,110 Pemuda Komunitas Run Toraja Napak Tilas Kenang AA Van De Lossdrect

  • Bagikan

Koordinator Kegiatan Yaya Rundupadang bersama rekannya saat di Gereja Toraja jemaat Rantepao.Jumat ,3 Maret 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Dalam rangka 110 Tahun Injil Masuk Toraja ( IMT) Komunitas Run Toraja melaksanakan napak Tilas mengenang Antonie Aris Van De Lossdrect, sebanyak 110 pemuda akan berlari 11.0 Km sekaligus menikmati panorama alam spektakuler di Toraja yang melewati beberapa situs Gereja.

110 pemuda dari gabungan komunitas olahraga Toraja dan Palopo akan berlari sejauh 11.0 km star dari Museum Van De Loosdrect di Bori Lombongan ke Pangli, Tallunglipu lewati pemandangan yang menyegarkan mata dan jiwa melihat sawah, gunung, sungai , lembah sambil mendendangkan Kidung Pujian sampai finish di Pelataran Gereja Jemaat Rantepao Sabtu pagi, 04 Desember 2023.

Ketua Umum Panitia Perayaan 110 tahun IMT, Djakson Mari mengatakan sangat mengapresiasi inisiatif Komunitas Lari Runtoraja yang tidak mau ketinggalan dengan komunitas pemuda lainnya dalam mengekspresikan syukurnya dengan cara napak tilas sambil berlari menikmati segarnya udara pagi Toraja.

"Saya juga berharap melalui event ini, selain bersyukur event ini juga berdampak signifikan untuk perubahan membangkitkan semangat dan energi Pemuda untuk selalu bekegiatan positif jasmani dan rohani membangun karakter unggul," jelas Ketua Panitia 110 Tahun IMT.

Ditambahkan Koordinator Kegiatan Yaya Rundupadang menjelaskan Peserta Lari Santai ini dari kumpulan komunitas-komunita lari, pejalan kaki, pesepeda, yoga , zumba, beladiri dari Makale, Rantepao, Palopo yang akan menempuh jarak 11.0 km .

"Para peserta nantinya akan melewati situs beberapa Gereja yang secara swadaya menyiapkan refreshment berupa minuman dan panganan lokal.Peserta juga terdiri dari pemuda usia dan lintas agama diantaranya Hipmus ( Himpunan Pemuda Muslim) Rantepao". Ujar Yaya Mantan Sekdis Komimfo SP Toraja Utara Jumat, 3 Maret 2023.

Lanjut Yaya ,Peserta akan dilepas Ketua Umum BPS Gereja Toraja Pdt. Alfred Anggui di Museum kawasan wisata rohani A.A Van de lossdrecht dan akan finish di Pelataran Gereja Rantepao diakhiri dengan senam sehat bersama dan pengundian doorprize.

"Tiga kegiatan dalam rangkaian perayaan 110 tahun Injil Masuk Toraja (IMT) di akhir pekan ini adalah Jumat 3 Maret 2023 aksi bersih sungai Sa'dan "jadikan sungaku ku Bersih.Hari Sabtu 4 Maret "Napak tilas Injil 11.0 km IMT 110 tahun run".
Hari Sabtu - Minggu 4 dan 5 Maret 2023
Camping dan Bersih ( Ploging) hutan Nanggala ( Poros Palopo) dan diskusi dengan Pdt Rasely Sinampe." Pungkas Yaya.

Kegiatan yang masuk rangkaian Perayaan Syukur 110 tahun Injil Masuk Toraja ini disinbolkan oleh 110 Pemuda dan 11.0 km yang dilalui adalah kolaborasi Panitia , Pemkab Torut, Bank Sulselbar, RS Elim, Pengurus Wilayah II BPS GT dan Runtoraja.

Diketahui Antonie Aris van de Loosdrecht adalah seorang tenaga pekabar Injil atau Zendeling pertama yang tiba di Tana Toraja, Sulawesi, Hindia Belanda saat itu.(albert tinus)

  • Bagikan