Pertamina Regional Sulawesi Pastikan Lokasi TBBM Palopo Aman dan Sesuai SOP

  • Bagikan
  • Taufiq: Jarak dari Pemukiman Warga, Bahkan sampai 300 Meter

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Pasca peristiwa kebakaran di Depo BBM Plumpang Jakarta Utara, PT Pertamina (Persero) semakin mengetatkan penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam bekerja bagi karyawannya. Termasuk salah satunya di Terminal BBM Kota Palopo di Desa Karang-karangan, Kec. Bua, Kab. Luwu.

Pjs Manager Communication Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Sulawesi, Taufiq Kurniawan kepada Palopo Pos, Kamis 9 Maret 2023, mengungkapkan jika lokasi TBBM Palopo sangat aman jika terjadi sesuatu.

Hal itu dapat dilihat dari pelbagai arah lokasi. Dimana sebelah Utara berbatasan dengan hutan mangrove yang luas, sebelah Timur dengan laut Teluk Bone, sebelah Barat yang jarak dari pemukiman berkisar 300 meter, dan sebelah Timur berjarak 70 meter dari pemukiman warga.

"Sangat amanlah," kata Taufiq yang dihubungi melalui telephone, kemarin. Pada kesempatan itu juga, Taufiq mengungkapkan jika dirinya dalam waktu dekat akan pindah tugas ke Surabaya.

Taufiq juga mengungkapkan, standar keamanan yang diterapkan di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina Palopo sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), begitupun bagi warga yang berada di zona ring satu TBBM.

Diketahui, sesuai SOP yang ada, untuk tangki kapasitas 2.500 jarak amannya itu 30 meter dari permukiman warga. Sementara jarak tangki aman yang terdekat dengan permukiman warga sekitar 70-300 meter.(idris)

  • Bagikan