SBj Harap Adat di Tanah Luwu Dijaga dan Tetap Eksis

  • Bagikan

SYUKUR Bijak, diapit para pemangku adat di Kecamatan Bua, pada peresmian Bangunan Adat Surapo Guttupatalo Maddika Bua Di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Minggu, 12 Maret 2023. --ist--

Disampaikan Pada Peresmian Surapo Guttupatalo

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Menghadiri Peresmian Bangunan Adat Surapo Guttupatalo Maddika Bua Di Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, menjadi kebanggaan dan kesyukuran tersendiri bagi Syukur Bijak SE, Minggu, 12 Maret 2023.

Ungkapan rasa syukur datang dari Wakil Bupati Luwu atas peresmian rumah adat.

Rumah adat yang diberi nama Sorapo Guttu Patalo Baruga Maddika Bua, SBj panggilan akrap Syukur Bijak menegaskan bahwa adat istiadat harus dijaga, dijunjung tinggi dan tetap eksis.

“Atas nama pemerintah sekaligus pemangku adat, tentu ini suatu kesyukuran,” kata Syukur Bijak kepada Palopo Pos, Senin, 13 Maret 2023.

Pria yang dikenal Komitmen dan saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati (Wabup) Luwu, menjelaskan bahwa baruga (rumah adat) ini adalah milik seluruh perangkat masyarakat di Tana Luwu.

“Ini milik kita bersama, dan tentunya wajib kita jaga sebab ini miliki seluruh keluarga di tana luwu,” terang pria yang juga Pangulu Kada Sikomplek Ilanbatu.

Berdirinya baruga ini, tambah dia, demi kemaslahatan orang banyak sekaligus simbol tempat untuk mendiskusikan rencana untuk mensejahterakan masyarakat.

"Ini semua demi kemaslahatan kuta semua," imbuhnya.

Diketahui, Sorapo Guttu Patalo Baruga Maddika Bua, artinya Patalo (rumah yang badan rumahnya menyambung kedepan) Guttu Patalo (nama Madika Bua pertama) .

Prosesi peresmian digelar di Jl. Andi Kaddiraja, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.(kahar iting)

  • Bagikan