Ajak Siswa SMP dan SMA, KPA Reptil Lutra Gelar Aksi Bersih Sampah

  • Bagikan

Suasana saat aksi bersih-bersih di pasar Sentral Kecamatan Bone-bone, Luwu Utara. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA-- Seperti yang diketahui bahwa masalah mendasar yang kerap timbul dalam sektor lingkungan adalah mengenai sampah.

Sampah juga menjadi biang kerusakan pada lingkungan. Salah satunya, yaitu pencemaran yang mengakibatkan beberapa bencana yang dapat beresiko fatal bagi masyarakat.

Oleh karena itu, untuk mencegah atau mengurangi resiko tersebut, Kelompok Pecinta Alam Remaja Pecinta Indonesia Lestari (KPA Reptil) Lutra mengadakan serangkaian kegiatan Edukasi dan Aksi Bersih Sampah di pasar Sentral Kecamatan Bone-Bone, Luwu Utara.

Kenapa mesti pasar? Ini yang menjadi pertanyaan mendasar yang kerap muncul ketika aksi ini dilakukan. Menurut informasi yang terhimpun, bahwa pasar menjadi tempat transaksi jual beli yang masih populer di kalangan masyarakat Kecamatan Bone-bone dan Tanalili.

Ini dibuktikan dengan masih giatnya masyarakat berbelanja sandang dan pangan di pasar. Oleh karna itu kebersihan mesti terus di galakkan agar masyarakat dapat berbelanja tanpa terganggu oleh bau dan pemandangan dari sampah.

Aksi ini dilaksanakan, Minggu, 19 Maret 2023, di pasar sentral Kecamatan Bone-Bone. Aksi ini melibatkan unsur siswa SMPN 1 Bone-Bone, SMAN 4 Luwu Utara, dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu Utara.

Aksi ini dikomandoi langsung oleh Ketua Umum KPA Reptil Luwu Utara, Ryan Adam.

Menurut Ryan, aksi ini semata-mata hanya untuk menyadarkan masyarakat bahwa pasar bukanlah tempat untuk membuang sampah.

''Pada aksi ini, kami juga menggandeng adik-adik siswa SMP dan SMA untuk menjadi pelopor lingkungan. Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk keluarga dan lingkungan sekitar,'' katanya.

Menurutnya, ada bak sampah yang jarang digunakan oleh masyarakat di belakang pasar sebelah timur.

Ini menunjukkan, ketidakpatuhan masyarakat membuang sampah pada tempatnya.

''Kami melakukan aksi ini semata-mata untuk mengedukasi masyarakat bahwa pasar bukanlah tempat untuk membuang sampah. Masyarakat mestinya membuang sampah pada tempatnya. Kita juga ajak adek-adek SMP dan SMA untuk jadi pelopor lingkungan bersih bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk keluarga dan lingkungan di sekitarnya," kata Ryan Adam.

"Saya juga sangat berterima kasih kepada adik-adikku dari SMPN 1 Bone-Bone dan SMAN 4 Luwu Utara yang turut andil dalam kegiatan diskusi dan aksi bersih ini. Juga kepada pemerintah Luwu Utara dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup atas bantuan armada pengangkut sampahnya. InsyaAllah kegiatan-kegiatan mengenai lingkungan akan terus digalakkan oleh KPA Reptil Lutra demi terwujudnya Indonesia Lestari," tutup Ketua Umum KPA Reptil Lutra. (*/pp)

  • Bagikan