Ingin Kulit Tetap Bercahaya di Bulan Ramadan? Ini Tips dr Ana Adryana untuk Mencegah Kulit Kering

  • Bagikan
dr Ana Adryana. --ig--

ANDA ingin terlihat tetap segar dengan kulit yang bercahaya atau tidak kering pada bulan Ramadan? Ada beberapa tips khusus yang perlu dilakukan.

Kulit yang terlihat kering dan kasar, memang mengganggu penampilan. Mengurangi rasa percaya diri.

Nah, ada berbagai cara merawat kulit kering yang dapat Anda coba lakukan. Dengan demikian, kulit sehat dan tampak lembut pun dapat Anda wujudkan.

Kulit kering ditandai dengan permukaan kulit yang kasar, pecah-pecah, dan mudah terkelupas. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti paparan sinar matahari, kebiasaan mandi terlalu lama, hingga penggunaan produk perawatan kulit yang kurang tepat.

Berikut tips khusus dari Dokter Kesehatan BPJS Kesehatan Kota Palopo dr Ana Adryana supaya kulit tidak kering pada bulan Ramadan.

  1. Perbanyak minum air putih

Memiliki kulit yang kering membuat Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar.

dr Ana Adryana yang kini bertugas di PKM Wara Utara Kota Palopo ini menyarankan supaya minum cukup air putih. Menurutnya ini dapat membuat Anda tetap terhidrasi sehingga kulit akan lebih lembap. Sesuai anjuran, minumlah sekitar 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari.

  1. Penuhi Kebutuhan serat dan vitamin

Ada beberapa makanan yang dapat membantu kulit Anda terlihat lebih sehat, terhindar dari kulit kering.

Makanan yang kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan kulit akibat racun dan membantu tubuh Anda membuat sel-sel sehat.

Beberapa makanan yang berkontribusi terhadap kesehatan kulit termasuk: Blueberry, Tomat, Wortel, Kacang polong, Kacang-kacangan, Buah-buahan, Sayuran, Makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon, juga dapat berkontribusi pada terciptanya kulit lebih cerah.

  1. Kurangi Konsumsi Kafein

Salah satu suguhan terbesar yang seringkali dinikmati beberapa dari kita setiap harinya adalah secangkir kopi. Makanya, ini diharapkan untuk dikurangi.

  1. Gunakan Pelembab dan Tabir Surya

Humidifier bekerja dengan menyesuaikan kelembapan di rumah Anda. Dengan begitu, udara di dalam rumah tidak akan terpengaruh oleh cuaca yang panas maupun dingin. Kulit pun tidak mudah menjadi kering karena kelembapannya senantiasa terjaga.

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, penggunaan pelembap secara rutin sangat penting guna menjaga kelembapan kulit. Pilihlah pelembap dengan kandungan ceramide yang dapat meredakan kulit kering, serta asam hialuronat, gliserin, dan urea yang dapat menjaga kulit tetap terhidrasi.

Selain itu, pelembap dengan kandungan lanolin dan petroleum jelly juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi. Tak hanya pelembap, Anda juga dianjurkan untuk mengoleskan tabir surya dengan kandungan SPF minimal 15 sebelum beraktivitas di luar ruangan.

  1. Kurangi Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dalam iklim apa pun bisa membuat kulit mengalami dehidrasi. Ini disebabkan karena sinar ultraviolet mampu menembus jauh ke bawah permukaan kulit. Akibatnya, kulit kehilangan kelembapan alaminya.

  1. Tetap Berolahraga

Tetap berohlaraga. yah, dr Ana Adryana tetap menyarankan berolahraga supaya kulit tetap glowing.

Olahraga bisa bikin kulit lebih sehat dan bercahaya. Pasalnya, peredaran darah jadi lancar dan kulit jadi bisa mengeluarkan toksin lewat keringat.

Beberapa ahli dermatologi berbicara tentang pengaruh olahraga ke kulit kita seperti dilansir Self.

"Ketika Anda berolahraga, darah Anda memompa lebih banyak, yang meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi di seluruh tubuh Anda, termasuk kulit Anda dan pada akhirnya mengarah pada bersinar pasca-latihan," kata dokter kulit Yoon-Soo Cindy Bae, M.D seperti dikutip dari merdeka.com. (rhm)

  • Bagikan