NTB Diguncang Gempa 5,8SR, Getarannya Terasa hingga ke Sulawesi

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID BIMA -- Gempa bumi 5,8 magnitudo yang terjadi di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) sekitar pukul 15.04 WIB dengan kedalaman 29 km barat laut, dirasakan hingga ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Gempa bumi magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Bima, Nusa Tenggara Barat Minggu (2/40 sore. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa Bima juga dirasakan di Dompu, Sumbawa Besar, Sumbawa Barat, Mataram Hingga ke Makassar.

"Dirasakan di Bima III-IV MMI, Makassar, Dompu, Sumbawa Besar, Sumbawa Barat III MMI, Mataram II-III MMI," kutip dari rilis BMKG, Ahad (2/4).

Berdasarkan catatan BMKG gempa Bima berlokasi pada 7.81 Lintang Selatan, 118.73 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 70 kilimeter Barat Laut Bima.

"Kedalaman gempa 29 kilometer," demikian pernyataan BMKG.

Selain Makassar, getaran gempa tersebut juga dirasakan hingga ke sejumlah kabupaten yang berada di Sulawesi Selatan.

"Labuan Bajo, III Gowa, II-III Mataram, II Takalar, II Pangkep. Namun, gempa ini tidak berpotensi tsunami," tambahnya.

Gempa tersebut sempat membuat kaget sejumlah warga Makassar yang merasakan getaran. Meski getaran gempa yang dirasakan sangat cepat.

"Iya ada terasa getaran. Saya tadi di lantai dua, tapi tidak terlalu lama hanya sebentar saja getarannya," kata salah satu warga, Rusdi.(int/idr)

  • Bagikan