HMD Gerak Cepat Bahas Penanganan Bencana Tana Luwu dengan BPBD dan Dinsos Sulsel

  • Bagikan
HMD Anak Desa dalam sebuah rapat di DPRD Sulsel.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Anggota DPRD Sulsel, Dr H Husmaruddin (HMD) bergerak cepat membahas penanganan bencana di Tana Luwu dengan BPBD dan Dinas Sosial (Dinsos) Sulsel.

Pada Selasa, 4 April 2023, DPRD Provinsi Sulsel rapat pembahasan LKPj Gubernur Sulsel TA 2022 sejak beberapa hari terakhir. Pada rapat itu, DPRD juga membahas penanganan bencana alam yang terjadi di Tana Luwu, belakangan ini.

Seperti di Luwu Utara banjir Malangke, di Luwu banjir Sungai Suso dan Sungai Kamanre/Paremang, di Lutim tanah longsor dan kebakaran. Yangmana, akibat bencana tersebut mengalami kerugian yang sangat besar.

''Kami selaku anggota DPRD dari Dapil 11 Tana Luwu berkordinasi sesuai dengan mitra kerja komisi. Seperti Komisi D berkordinasi dengan Balai terkait dengan kerusakan sungai dan lain-lain,'' kata HMD Anak Desa kepada Palopo Pos, Rabu, 5 April 2023.

HMD sendiri yang berada di Komisi E yang membidangi pendidikan, kesehatan, BPBD, dan Dinas Sosial, secara khusus membicarakan tentang bagaimana penanganan bencana banjir di Tana Luwu, termasuk juga bencana kebakaran di Lutim.

''Kami mengucapkan terima kasih kepada BPBD karena telah melakukan aksi-aksi cepat sesuai kemampuannya dalam menanggulangi bencana. Begitu pula dengan Dinas Sosial yang telah menyiapkan bantuannya meski stoknya masih terbatas,'' jelas HMD.

Hingga HMD selaku anggota DPRD Sulsel memberikan rekomendasi kepada Dinas Sosial dan BPBD Sulsel, agar selain sigap membantu dan bersinergi dengan Pemkab, juga berharap penanggulangan pasca bencana secara umum sudah dipersiapkan secara baik untuk memanfaatkan dana bencana di pemerintah pusat.

Seperti di Balai dan Kementerian Sosial. Hal ini bisa disinergikan agar bisa mendapat bantuan yang lebih konprehensif dari pusat, sehingga bencana tidak berulang-ulang setiap tahun.

"Terutama bencana yang berulang-ulang itu, harap Pemerintah Provinsi mendesain bersama Pemkab agar tidak berulang lagi. Itu saya angkat pada pembahansan kemarin tanggal 4 (April) bersama BPBD Sulsel,'' terang politisi PAN ini.

Anggota DPRD dari Komisi D juga sudah berkoordinasi dengan Balai terkait Sungai Salu Suso yang rusak pasca bencana banjir agar tidak dimanfaatkan sementara oleh PT. Masmindo sebelum mendapatkan ijin dari Balai. (ikh)

  • Bagikan