32 Warga Palopo Belum Coklit, Bawaslu Minta KPU Lakukan Perbaikan

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO.ID, LAGALIGO--Bawaslu Kota Palopo, menekankan kepada KPU Palopo untuk kembali melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit).

Hal itu didasarkan hasil temuan Bawaslu Kota Palopo terkait keberadaan 32 warga Palopo yang belum tersentuh Coklit.

Komisioner Bawaslu Palopo, Ahmad Ali mengatakan bahwa hasil temuan Bawaslu Palopo terdapat 32 warga yang belum dilakukan Coklit.

"Kita menyampaikan saran perbaikan berdasarkan hasil pengawasan uji petik Panwaslu kecamatan dan Panwas Kelurahan desa (PKD). Berdasarkan hasil pengawasan Panwascam dan PKD, terdapat 32 pemilih yang belum dicoklit oleh Pantarlih, saya harap agar data tersebut dapat diteliti ulang oleh KPU," ujar Ahmad Ali, Jumat, 7 April 2023.

Ia menambahkan, pihaknya juga secara terbuka telah menyampaikan perihal tersebut kepada KPU dalam rapat pleno terbuka tentang rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) yang dilaksanakan pada Rabu lalu.

Ketua KPU Palopo, Abbas Djohan menyampaikan bahwa pihaknya telah mengecek ulang oleh operator dari 32 pemilih tersebut terdapat 3 orang yang memenuhi syarat untuk dijadikan pemilih baru, 1 data anomali dan 28 pemilih sudah disampaikan sebelumnya pada proses rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Adapun hasil Rekapitulasi daftar pemilih sementara (DPS) yakni 131.648 jiwa yang terdiri dari laki-laki 64.614, perempuan 66.854 jiwa. (rul)

  • Bagikan