Anas Urbaningrum Bebas Hari Ini, Punya Agenda Khusus dengan SBY, Apa Itu?

  • Bagikan

Anas Urbaningrum. --dok--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Akhirnya, setelah lama mendekam dalam penjara, mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum bebas hari ini, Selasa, 11 April 2023.

''Ada saatnya pergi, ada waktunya pulang''. Demikian petikan surat Anas Urbaningrum yang ditulis tangan dari dalam penjara. Ya, sudah tiba masanya Anas Urbaningrum kembali.

Anas pun menjanjikan kejutan, khususnya terhadap Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kornas Sahabat Anas Urbaningrum Muhammad Rahmad menyebut Anas akan keluar lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat tepat pukul 14.00 WIB. Para simpatisannya telah menyiapkan sambutan istimewa.

"Mas AU keluar dari lapas Sukamiskin jam 14.00 WIB, dilanjutkan acara pelepasan oleh kalapas dan pidato Mas Anas yang secara khusus akan disampaikan di hadapan sahabat-sahabat. Selanjutnya semua bergabung di RM Ponyo, Cinunuk untuk acara buka puasa dan silaturahim," kata M Rahmad dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/4/2023).

Rahmad menegaskan Anas tidak punya masalah dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Melainkan memiliki agenda khusus dengan ayah AHY.

"Mas Anas tidak punya urusan dengan AHY tapi memiliki agenda khusus dengan SBY," ujarnya.

Kebebasan Anas diundur satu hari karena alasan administrasi dimana sebelumnya dijadwalkan bebas pada Senin 10 April.

Diketahui Anas divonis hukuman 8 tahun penjara dalam kasus pembangunan Pusat Pelatihan, Pendidikan, dan Sekolah Olahraga Nasional Hambalang serta tindak pidana pencucian uang pada 2013 silam.

Pada tahap banding, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta memangkas hukuman Anas menjadi 7 tahun penjara.

Namun pada tingkat kasasi, hukuman Anas menjadi dua kali lipat, yakni 14 tahun penjara. Anas kemudian mengajukan Peninjauan Kembali atas putusan tersebut. MA akhirnya mengabulkan sehingga Anas hanya menjalani hukuman 8 tahun penjara. (fajar/uce)

  • Bagikan