Jembatan Kembar Rampoang Difungsikan, Arus Lalu Lintas Kini Sudah Dua Jalur, Macet Terurai

  • Bagikan
Kapolres Palopo, AKBP Safi'i Nafsikin didampingi PPK Jembatan Rampoang Muhammad Said melakukan pengecekan sebelum pengoperasian Jembatan Bailey Kembar di Rampoang, Rabu, 12 April 2013 kemarin. Jembatan ini mulai difungsikan sekira pukul 17.30 Wita. --ft: riawan/palopopos

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID RAMPOANG-- Kabar baik bagi pengguna jalan arah utara Palopo. Dua jembatan bailey (darurat) di Sungai Salu Pikung Kel. Rampoang, difungsikan mulai Rabu, 11 April 2023 kemarin sekira pukul 14.30 Wita.

Kini, arus lalu lintas di jembatan yang ambruk pada Oktober 2022 lalu itu, kini dua jalur. Itu setelah berfungsinya Jembatan Bailey Kembar di Rampoang.

"Kurang lebih tujuh bulan lamanya mengantri saat melintas di poros Rampoang. Mulai hari ini, normal kembali," kata Kapolres Palopo, AKBP Safi'i Nafsikin saat meninjau Jembatan Rampoang sekira pukul 10.30 Wita, Rabu kemarin.

Pada pengecekan persiapan pengoperasian Jembatan Bailey Kembar, Kapolres didampingi sejumlah jajarannya. Juga ada PPK Pembangunan Jembatan Rampoang, Muhammad Said dan pekerja rekanan PT Latanindo yang mengerjakan proyek tersebut.

Safi'i mengapresiasi pihak Balai yang membangun jembatan bailey kembar dengan waktu lebih cepat dari yang ditargetkan sebelumnya.

"Dengan dibangunnya dua jembatan darurat ini, tentu yang sangat diharapkan ialah dapat mengurai antrean panjang kendaraan yang sebelumnya terjadi. Terlebih lagi jelang Idul fitri yang tentunya akan terjadi lonjakan kendaraan pemudik. Jembatan Bailey II ini lebih kuat dari jembatan pertama, tentu ini sangat lebih baik lagi," kata Safi'i.

Sementara Muhammad Said memastikan bahwa Rabu sore, dua jembatan bailey difungsikan untuk umum.

"Kami pastikan sore ini keduanya (jembataan darurat kembar) bisa dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat dan lainnya. Dan Alhamdulillah pengerjaannya lebih cepat rampung dua hari dari tanggal 15 April yang ditargetkan sebelumnya," kata Said.

Meski telah tersedia dua jembatan darurat, lanjut Said, agar usia jembatan bisa bertahan lebih lama, tentunya ia tetap membatasi tonase kendaraan yang bisa melintas.

"Memang benar jembatan darurat kedua ini lebih kuat dari jembatan darurat yang dibangun pertama. Jembatan darurat pertama hanya mampu dengan tonase kendaraan maksimal 15 ton, sedangkan jembatan darurat kedua ini bisa dilalui tonase 20 ton," lanjut Said.

Jembatan darurat II dibuka untuk umum pada pukul 17:25 Wita. Mobil yang melintas pertama yakni truk warna hijau nomor polisi DP 8829 GB. (ria/ikh)

  • Bagikan