Susul PPP, Partai PAN Disebut Bakal Usung Ganjar di Pilpres 2024

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA -- Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo menyatakan pengurus PAN banyak menggaungkan nama Ganjar Pranowo untuk diusung sebagai capres dari PAN di Pilpres 2024.

Ia mengatakan kondisi ini terjadi ketika digelarnya Rapat Koordinasi PAN di Semarang, Jawa Tengah, 26 Februari lalu.

"Secara real politik, jika melihat suara yang berkembang pada saat rapat koordinasi PAN 26 Februari 2023 di Semarang, banyak pemegang hak suara Rakernas PAN yang menggaungkan nama mas Ganjar sebagai Capres, dan nama mas Erick sebagai Cawapres," kata Drajad dilansir CNNIndonesia.com, Rabu (26/4).

Meski demikian, Drajad menyatakan PAN sampai saat ini belum memutuskan secara resmi siapa sosok capres yang diusung.

Baginya, aspirasi pengurus PAN kepada Ganjar itu akan menjadi bahan pertimbangan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dalam menentukan capres dari PAN. Zulhas, lanjutnya, telah diberi mandat oleh pengurus PAN mengenai pengusungan Capres-Cawapres

"Ketum juga akan mendiskusikan pengusungan capres-cawapres ini dengan unsur pimpinan PAN yang lain, termasuk antara lain bang Hatta, mas Tris dan saya," kata dia.

Tak hanya itu, Drajad memastikan Zulhas akan berkomunikasi dengan Jokowi dan ketum parpol lain terkait pilihan capres dari PAN nantinya.

"Jadi secara formal sebelum ada keputusan lain dari Rakernas, dan atau belum diumumkan resmi oleh Ketum, maka secara formal PAN belum mengusung capres-cawapres," kata dia.

Ganjar secara resmi telah diusung oleh PDI Perjuangan, parpol tempatnya bernaung sebagai kader selama ini. Sikap PDIP yang mengusung Ganjar itu kemudian disambut PPP dan Hanura ikut menyatakan dukungannya.(int)

  • Bagikan