Siap Pesta Scudetto di Stadion Maradona Usai Menunggu 33 Tahun

  • Bagikan

Pemain Napolisi saat merayakan kemenangan. Ap

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MILAN-- Penantian yang panjang. Tiga dekade. Yah, itulah yang kini ditunggu-tunggu Napoli.

Scudetto yang lama ditunggu, 33 tahun, akan membakar semangat para pemain Napoli saat berlaga.

Saat ini, pemain Napoli bersiap merayakan pesta juara Liga Serie A Italia 2022/2023.

Yah, kemenangan atas Salernitana di Stadion Diego Armando Maradona, Minggu, 30 April pukul 21.00 Wita akan memuluskan langkah Partenopei -julukan Napoli- mengangkat trofi pertama sejak 33 tahun silam.

Pemuncak klasemen Napoli dapat mengamankan gelar ketiga klub atau yang pertama sejak 1990 atau era Diego Maradona jika mereka mengalahkan Salernitana. Dan, tim peringkat kedua Lazio kehilangan poin saat melawan Inter Milan di San Siro, Minggu, 30 April 2023 pukul 18.30 Wita.

Pertandingan kandang Napoli melawan Salernitana, dimajukan satu hari ke hari Minggu untuk alasan keamanan publik.

Semula Napoli dijadwalkan bermain melawan Salernitana pada hari Sabtu, dengan Lazio mengunjungi Inter sehari kemudian (Minggu) yang tentunya hal itu bisa membuat para penggemar Napoli merayakannya di luar stadion di Milan.

Kini, Napoli menghadapi Salernitana pada hari Minggu setelah perubahan.

Kick-off kurang dari satu jam setelah Inter vs Lazio di San Siro usai.

Namun, Pelatih Napoli Luciano Spalletti menyatakan timnya tidak ingin perayaan Scudetto hanya menunggu hasil laga Inter vs Lazio. Napoli ingin kepastian gelar mereka sebagai bentuk perjuangan mengalahkan Salernitana.

“Kami tidak ingin memastikan Scudetto tergantung pada wasit atau takdir, tetapi kepada ide sepak bola kami. Itu untuk membahagiakan mereka yang menunggu kami dengan napas tertahan selama berjam-jam di bandara atau di jalan hanya untuk melihat pelatih Napoli lewat," kata Spalletti.

Spalletti mendapatkan banyak pujian atas pekerjaannya yang luar biasa di Napoli musim ini.

Dia memamerkan gaya sepak bola menyerang yang menarik dan cerdas, mendapatkan yang terbaik dari bintang-bintang seperti Victor Osimhen, Khvicha Kvaratskhelia dan Kim Min-Jae.

Napoli mengoleksi 78 poin dari 31 pertandingan, dengan Lazio di urutan kedua dengan 61 dan tujuh pertandingan tersisa. Soal peluang mengalahkan Salernitana, Spalletti tak ingin gegabah. Dia tetap memandang lawan sebagi klub kuat dan punya motivasi tinggi.

“Tim, di sisi lain, tidak boleh mengubah apapun. Saya yakin bahwa kami akan memainkan permainan kami, saya tidak tahu apakah itu akan cukup karena kami akan menghadapi lawan yang kuat."

"Mereka tidak pernah kalah dalam delapan pertandingan, saya mengenal Sousa (pelatih Salernitana, Paulo Sousa) dengan sangat baik, saya menghargainya, kami bahkan melakukan perjalanan bersama dan dia adalah seorang yang mampu bekerja di lapangan."

"Apa yang terjadi, telah lebih memotivasi lawan, tapi kami akan melakukan apa yang harus kami lakukan hari ini," katanya.

PREDIKSI

Sementara itu, prediksi Napoli vs Salernitana dalam jadwal Liga Italia Serie A 2022/2023 bakal menarik. Karena, mengingat Partenopei berpeluang besar mengunci scudetto musim ini.

Napoli akan menjamu Salernitana di Stadion Diego Armando Maradona, Naples, dalam duel bertajuk Derby della Campania. Live streaming pertandingan ini dapat disaksikan di beIN Sports pada Minggu, tanggal 30 April 2023 mulai pukul 21.00 Wita.

Khvicha Kvaratskhelia dan kawan-kawan saat ini berada di puncak klasemen Liga Italia Serie A 2022/2023 dengan torehan 78 poin dari 31 laga. Napoli unggul jauh 17 poin di atas Lazio sebagai pesaing terdekat dengan sisa 7 pertandingan.

Napoli akan menyegel gelar juara jika mampu meraih poin penuh atas Salernitana dan Lazio gagal mengalahkan Inter Milan di Stadion Giuseppe Meazza pada Minggu tanggal 30 April 2023.

Andai Napoli menang, total angka yang diraih adalah 81 poin. Jumlah ini sudah cukup bagi skuad asuhan Luciano Spalletti untuk memastikan gelar scudetto jika Biancocelesti gagal mengatasi La Beneamata.

Lazio akan tetap memperoleh 61 poin dan angka maksimal yang dapat diraih musim ini yakni sebanyak 79 angka dari 6 lagi berikutnya. Catatan ini tidak cukup lagi untuk menyalip raihan Napoli dengan 81 angka.

"Kami masih belum tahu apa yang akan kami lakukan, tetapi saya kira akan ada banyak acara pada hari Minggu dan Senin. Kami tidak ingin menambah kekacauan, jadi saya rasa perayaan akan dimulai dan diakhiri di Stadio Maradona," ujar Presiden Klub Napoli, Aurelio De Laurentiis, dikutip dari laman Football-Italia.

Napoli sendiri pernah 2 kali merengkuh scudetto, yakni pada musim 1986/1987 dan 1989/1990 silam. Napoli ketika itu masih diperkuat oleh megabintang asal Argentina, Diego Armando Maradona, yang kini namanya diabadikan sebagai stadion kandang Napoli.

Demi segera mengakhiri dahaga scudetto selama lebih dari 3 dekade, Napoli bertekad mengunci gelar secepat mungkin.

"Kami harus memberikan segalanya dan tidak membuat kesalahan saat melawan Salernitana," tegas Eljif Elmas, pemain Napoli asal Makedonia utara, dikutip dari situs web klub.

Sementara Salernitana datang dengan predikat tim papan bawah. Klub yang diasuh Paulo Sousa belum aman untuk bisa bertahan di Serie A.

I Granata baru mengumpulkan 33 poin dan hanya berjarak 7 angka saja dengan tim penghuni zona degradasi.

Kendati harus melawan Napoli, Antonio Candreva dan kawan-kawan mempunyai kans untuk menggagalkan pesta juara sang tuan rumah. Satu poin dari lawatan ke Naples akan sangat berarti demi bisa bertahan di Liga Italia musim depan.

Sebelum meladeni Partenopei, Salernitana memegang rekor bagus, yakni 8 kali tidak tersentuh kekalahan dalam penampilan terkini di Liga Italia 2022/2023. Hasil racikan Paulo Sousa selama ini menorehkan 2 kemenangan dan 6 partai lainnya berkesudahan imbang.

Lini depan Napoli diyakini tampil lengkap dengan menurunkan trio Khvicha Kvaratskhelia, Victor Osimhen, serta Hirving Lozano. Sementara Piotr Zielinski diperkirakan langsung masuk starting XI setelah menghuni bangku cadangan dalam partai kontra Juventus dan hanya tampil selama 22 menit saja sebagai pengganti.

Dari kubu Salernitana, Boulaye Dia kemungkinan tetap menjadi tumpuan utama untuk mengincar gawang kawalan Alex Meret. Pemilik 11 gol sekaligus top skor klub di Serie A 2022/2023 itu akan diuji pertahanan tuan rumah yang baru kebobolan 21 kali saja atau yang paling sedikit bersama Lazio. (*/net/uce)

Perkiraan Susunan Pemain:

Napoli (4-3-3): Alex Meret; Mathías Olivera, Kim Min-Jae, Amir Rrahmani, Giovanni Di Lorenzo; Frank Anguissa, Stanislav Lobotka, Piotr Zielinski; Khvicha Kvaratskhelia, Victor Osimhen, Hirving Lozano. Pelatih: Luciano Spalletti.

Salernitana (3-4-2-1): Guillermo Ochoa; Norbert Gyömbér, Matteo Lovato, Lorenzo Pirola; Domagoj Bradaric, Lassana Coulibaly, Tonny Vilhena, Pasquale Mazzocchi; Antonio Candreva, Erik Botheim; Boulaye Dia. Pelatih: Paulo Sousa.

Skor Head to Head (H2H) Napoli vs Salernitana

Napoli selalu tampil perkasa saat meladeni Salernitana.

Dari 5 pertemuan terakhir, I Partenopei mengemas hasil sempurna alias kemenangan. Jika berdasarkan skor head to head tersebut, Napoli diprediksi dapat memetik poin maksimal.

5 Hasil Pertemuan Terakhir Kedua Tim

22/01/23 Salernitana vs Napoli 0 - 2

23/01/22 Napoli vs Salernitana 4 - 1

01/11/21 Salernitana vs Napoli 0 - 1

17/08/09 Napoli vs Salernitana 3 - 0

13/11/08 Napoli vs Salernitana 3 - 1

5 Laga Terakhir Napoli

08/04/23 Lecce vs Napoli 1 - 2

13/04/23 Milan vs Napoli 1 - 0

15/04/23 Napoli vs Verona 0 - 0

19/04/23 Napoli vs Milan 1 - 1

24/04/23 Juventus vs Napoli 0 - 1

5 Laga Terakhir Salernitana

19/03/23 Salernitana vs Bologna 2 - 2

02/04/23 Spezia vs Salernitana 1 - 1

07/04/23 Salernitana vs Inter 1 - 1

16/04/23 Torino vs Salernitana 1 - 1

22/04/23 Salernitana vs Sassuolo 3 - 0. (****)

KLASEMEN SEMENTARA

13 BESAR LIGA ITALIA

  • Bagikan