Ada Tiga Sumber Ekonomi Lutra Masih “Tertidur”

  • Bagikan
Ketua KBP dan ketua KKLR Biak Papua, H, Syarif, SP, MMA

Mengintip Potensi Luwu Utara

Di sela-sela perjalanan Ketua KBP dan ketua KKLR Biak Papua, H Syarif, SP, MMA di Luwu Utara, ia mengungkap banyak potensi Luwu Utara. Apa saja itu?

OLEH: H Syarif, SP, MMA
Luwu Utara adalah salah satu penopang berdiri tegaknya Sulawesi Selatan dari berbagai segi terlebih - lebih dari sisi perekonomian. Dimana Luwu Utara memiliki potensi sumber daya alam yang cukup banyak. Namun, belum dikelola secara maksimal.

Ada tiga pilar utama sumber ekonomi Luwu Utara yang masih tertidur, yaitu Industri Pertanian, Industri Wisata dan Industi Pertambangan.

Industri pertanian dari berbagai jenis tanaman dapat dikembangkan di Luwu Utara baik tanaman keras, hortikultura maupun serealia. Dengan potensi alam Luwu Utara yang luas serta subur, semua jenis tanaman tersebut dapat dikembangkan dalam skala besar di sana. Kecamatan Rongkong cukup potensial dengan tanaman Hortikultura.

Kemudian Industri. Wisata Luwu Utara cukup banyak. Mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi, mulai dari pantai sampai pegunungan, sangat banyak kantong - kantong wisata yang bisa di kembangkan. Daerah pegunungan salah satunya adalah Tanah Rongkong yang kita kenal sebagai Negeri Berselimut Awan. Rongkong memiliki udara yang sejuk serta alam yang cukup indah. Saat ini sudah banyak dikunjungi orang namun tempat wisatanya masih skala rumah tangga dengan memanfaatkan keindahan alam.

Dari sisi pertambangan juga banyak sumber - sumber yang belum tergali contohnya material pasir dan batu kerikil yang ada di beberapa sungai di Luwu Utara salah satunya material Sungai Rongkong.

"Oleh karena itu, harapan kita ke depan siapapun nanti yang terpilih menjadi pemimpin di Luwu Utara harus mampu melihat potensi - potensi ini," ujar H Syarif, ketua Ikatan Keluarga Besar Ponglegen (IKBP).

Dalam berbagai data yang mengatakan Luwu Utara termasuk daerah miskin di Sul - Sel, menurut dia, itu data yang keliru. "Justru Luwu Utara adalah daerah kaya terbukti banyak orang yang masuk Luwu Utara dari berbagai suku untuk mencari rejeki di sana," tandasnya.(ary)

  • Bagikan