Bupati Budiman Torehan Segudang Prestasi, Tingkatkan APBD Rp1,7 T

  • Bagikan
PARIPURNA HUT LUTIM. Bupati Lutim H Budiman bersama Sekprov Sulsel Aslam Patonangi, Dirut Bank Sulselbar H Yulis Suandi, Ketua DPRD Lutim Aripin, Wakil Ketua DPRD Lutim, dan Wabup Lutim Terpilih Akbar Leluasa di acara paripurna HUT Kab. Luwu Timur ke-20 di Gedung DPRD Lutim, Rabu 3 Mei 2023. DISKOMINFO LUTIM

Paripurna Istimewa HUT Luwu Timur Ke-20

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MALILI -- Kabupaten Luwu Timur berhasil mendapatkan berbagai prestasi di beberapa sektor, mulai dari pembangunan, kesehatan, hingga ekonomi. Pencapaian itu terus diraih hingga kini berusia ke-20 tahun.

Torehan prestasi itu dijabarkan Bupati Luwu Timur, Budiman saat memberikan sambutan pada rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Luwu Timur, dalam rangka perayaan HUT ke-20 Luwu Timur, Rabu (3/5/2023).

“Alhamdulillah, APBD Kabupaten Luwu Timur selama periode tahun 2020-2023 terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2020 sebesar Rp1,4 triliun, kini telah meningkat mencapai Rp1,7 triliun lebih di tahun 2023,” kata dia.

Budiman mengatakan, dari semua pencapaian positif yang diraih, menempatkan Luwu Timur sebagai satu-satunya daerah di Sulsel yang meraih penghargaan APBD Award 2023 dan Peringkat V atas Realisasi Pendapatan Tertinggi, Belanja Daerah Tertinggi, dan Peningkatan PAD tertinggi APBD 2022 secara nasional.

“Bahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan RI juga memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian untuk pengelolaan keuangan tahun 2021. Itu artinya sudah 10 kali BPK memberikan opini WTP terhadap kinerja pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur,” jelasnya.

Sedangkan pada kerangka ekonomi makro daerah, kata Budiman, merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk mengukur capaian kinerja perekonomian daerah.
“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Luwu Timur pada tahun 2022 mengalami tren positif dari (-1,39) bertumbuh menjadi 1,99 dengan pertumbuhan 3,38 poin dan menempati urutan ketiga pertumbuhan ekonomi terbaik di sulawesi selatan,” kata dia.

“Capaian pendapatan perkapita rata-rata masyarakat Luwu Timur tahun 2022 sebesar 92,98 juta/jiwa dibanding tahun 2021 hanya sebesar 78,58 juta/jiwa. Itu artinya ada peningkatan rata-rata pendapatan masyarakat sekitar sekitar 14,4 poin,” tambah Budiman.

Budiman juga menjelaskan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Luwu Timur juga mengalami peningkatan dari 73,34 menjadi 73,92 persen atau meningkat 0,58.
“Begitu juga dengan tingkat kemiskinan yang semakin menurun dari 6,94% menjadi 6,81% atau menurun 0,13 poin atau berkurang sekitar 100 jiwa,” tutur Budiman.

Selain itu, kata Budiman, dari sisi investasi, dapat di katakan bahwa realisasi Investasi Luwu Timur Tahun 2022 sebesar Rp4 triliun lebih atau setara 124 persen dari target Renstra Sebesar Rp 3,3 triliun.

“Sektor pertambangan menyumbang realisasi tertinggi dengan nilai Rp2,7 triliun disusul pertanian dan perkebunan sebesar Rp875,6 juta rupiah,” ujarnya.
Bukan kali pertama, Kegiatan HUT Luwu Timur ke 20 tahun ini Digelar lewat Rapat Paripurna Istimewa diruang sidang Paripurna DPRD.

Hadir, seluruh pejabat daerah mulai dari H. Budiman Bupati Luwu , Ketua DPRD Lutim sebagai Pimpinan sidang, HM. Siddiq Wakil Ketua I DPRD , H. Usman Sadik Wakil Ketua II DPRD Lutim pembacaan Kilas balik.
Turut hadir , unsur Forkopimda, SKPD, Instansi Vertikal, Perbankan, Tokoh Pemakaran Luwu Timur, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.(akm-krm/idr)

  • Bagikan