City Pesta Gol ke Gawang West Ham, Haaland Cetak Rekor

  • Bagikan

Striker haus gol Manchster City Erling Haaland saat merayakan gol. --ap--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, INGGRIS-- Tak terbendung. Yah, Manchester City tak terbendung saat ini dalam meraih kemenangan. Kembali, Tim asuhan Pep Guardiola ini meraih meraih poin penting pada laga tunda pekan ke-28 Liga Inggris 2022/2023.

Saat menjamu West Ham di Etihad Stadium, Man City menang telak 3-0, Kamis, 4 Mei 2023 Wita.

Hanya saja, meski bermain di kandangnya, The Citizen harus bersabar. Yah, sempat kesulitan di babak pertama. Namun, pada akhirnya bisa pesta tiga gol di babak kedua.

Adalah Sundulan Nathan Ake (50') mengawali pesta gol Man City. kemudian disusul Erling Haaland. Mesin gol City ini turut mencetak gol pada menit ke-70.

Gol pamungkas dilahirkan dari Phil Foden yang turut mencatatkan namanya di papan skor (85').

Berkat kemenangan ini, City mengkudeta Arsenal lagi dari puncak klasemen. Kini, City mengoleksi 79 poin dari 33 laga. Sementara Arsenal tertinggal satu poin meski sudah memainkan 34 laga.

Pada babak pertama, Man City dibebaskan menguasai bola. West Ham memilih bertahan.

Penguasaan mencapai 80 persen, Man City leluasa mengobrak-abrik pertahanan West Ham. Meski begitu, peluang yang diperoleh Man City tidak ada yang bersih, sehingga memecah kebuntuan sangat sulit terjadi.

Hanya peluang terbaik diperoleh Man City pada menit ke-31. Rodri yang melakukan one-two pass dengan Haaland sukses mencapai kotak penalti West Ham. Tapi, sayangnya, tendangannya hanya mencium tiang gawang.

Selayaknya tim bertahan, West Ham hanya mengandalkan serangan langsung. West ham punya peluang terbaik di menit ke-26, namun keegoisan Jarrod Bowen untuk tidak memberikan umpan ke Emerson membuat peluang tersebut berakhir nihil.

Tapi, memasuki babak kedua, City menuai pertandingan. Mereka pesta gol.

Kebuntuan pecah pada menit ke-50. Eksekusi tendangan bebas yang cantik dari Riyad Mahrez sukses disundul dengan telak oleh Nathan Ake.

Tertinggal satu gol memaksa West Ham bermain dengan sedikit terbuka. Akan tetapi, skema serangan seperti belum siap sehingga banyak sekali salah oper.

Sosok yang dinantikan untuk mencetak gol, Haaland, akhirnya mencetak golnya di menit ke-70. Ia menerima umpan terobosan dari Jack Grealish, lalu mengakhirinya dengan tendangan chip menggunakan kaki kirinya.

Yah, monster gol Man City Erling Haaland menggandakan keunggulan tuan rumah. Sebuah tendangan cungkil sempurna dari Haaland berhasil memperdaya Lukasz Fabianski.

Tambahan satu gol cukup bagi Haaland untuk mencetak rekor bersejarah di Premier League. Ia menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Inggris yang mencetak 35 gol dalam satu musim.

Man City kembali menambah gol di menit ke-85. Berawal dari situasi sepak pojok, pemain West Ham sukses menyapunya keluar. Bola langsung datang ke ancang-ancang Phil Foden untuk menendangnya dan melakukan tendangan setengah voli.

Sampai wasit membunyikan pluit tanda pertandingan berakhir, kedudukan tetap 3-0 untuk City. (*/net/uce)

Susunan Pemain

Manchester City (3-2-4-1): Stefan Ortega; Kyle Walker, Ruben Dias, Nathan Ake (Manuel Akanji 77'); John Stones, Rodri (Kalvin Phillips 90'+1); Riyad Mahrez, Julian Alvarez (Phil Foden 77'), Bernardo Silva, Jack Grealish; Erling Haaland.
Pelatih: Josep Guardiola

West Ham (5-4-1): Lukasz Fabianski; Vladimir Coufal (Ben Johnson 62'), Thilo Kehrer, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell, Emerson; Jarrod Bowen (Said Benrahma 79'), Flynn Downes, Lucas Paqueta, Pablo Fornals; Michail Antonio (Danny Ings 68').
Pelatih: David Moyes.

KLASEMEN SEMENTARA LIGA INGGRIS

  • Bagikan