Bacaleg Ramai-ramai Urus Suket Sehat, Tarifnya Rp1,3 Juta

  • Bagikan
Sejumlah caleg melakukan pendaftaran mengambil surat keterangans ehat dio RSUD Sawerigading Palopo, Kamis 4 Mei 2023. RIAWAN/PALOPO POS

Tercatat Sudah Ada 60 Orang Lakukan Check Up

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Persiapan menghadapi pemilihan 2024 mendatang yang diawali pemilihan legislatif, sejumlah bakal calon legislatif mulai melakukan persiapan berkas sebagai persyaratan mendaftarkan diri. Seperti melampirkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau kelakuan baik yang diterbitkan di kepolisian. Kemudian surat bebas narkoba yang diterbitkan di BNN dan keterangan berbadan sehat.

Dari pemantauan layanan surat keterangan (Suket) berbadan sehat di RSU Sawerigading Palopo, Kamis, 4 Mei 2023.
Terpantau "diserbu" bakal calon legislatif yang akan mendapatkan diri dan maju meramaikan pileg 2024 mendatang.

Bakal caleg yang terpantau sekira pukul 11:00 wita mengurus suket berbadan sehat di RSU Sawerigading mulai dari bakal caleg Kota Palopo dan juga provinsi. Diantara bakal caleg yang terpanatau itu, diantaranya Nirmalasari dari kader Partai Gerindra yang akan mendaftarkan untuk maju pileg di Dapil 2 Palopo, Arisyanto kader Partai Nasdem yang akan mendaftar untuk petebutkan kursi lesgislatif di Dapil 4 Palopo dan ada sekira tiga orang lainnya yang juga ingin mengurus surat keterangan berbadan sehat untuk dilampirkan dalam persyaratan daftar sebagai bakal caleg.

Selain bakal caleg Palopo yang terpantau hadir, ada juga Evendi Sarapang, legistif Palopo dari Partai Nasdem yang akan naik ke kelas ke Provinsi dan digantikan bapaknya, Arisyanto, yang akan bertarung perebutkan kursi di Dapil 4 itu.
Untuk pemeriksaan berbadan sehat bakal caleg ini, Diretur Pelayanan RSU Sawerigading Palopo, dr. Iin Fatimah Hanis yang dikonfirmasi di lokasi, menjelaskan bahwa pemeriksaan yang dilakukan terhadap bakal caleg itu, mengikuti tiga proses pemeriksaan.

"Pemeriksaannya dilakukan di ruang Medical Check Up (MCU) lantai satu gedung Geranium. Pemeriksaan yang diikuti diantaranya, pemeriksaan jasmani dan rohani yang melibatkan dokter Psikiater. Kemudian pemeriksaan fisik dan terakhir pemeriksaan penyakit dalam,"kata Direktur Pelayanan rumaha sakit yang ditunjuk sebagai ketua tim pelayanan MCU.

Terhitung dari awal Mei tercatat kurang lebih 60 orang bakal caleg yang datang untuk check up, lanjut dokter spesialis pasien Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) ini.

"Sebelum masuk bulan Mei juga ada yang sudah datang check up tapi tidak sebanyak bulan ini. Terhitung dari 1 Mei lalu sampai sekarang, tercatat kurang lebih 60 orang yang datang," ucapnya.

"InsyaAllah dari sekian orang itu belum ada yang disebut tidak lolos dari setiap pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter yang bertugas. Dan kita do'a kan semua sehat sampai pemilihan," tambahnya.

Kemudian untuk tarif pemeriksaan kesehatan, tidak disebutkan secara detail. Hanya saja ia menambahkan bahwa untuk tarif pemeriksaan merujuk pada peraturan walikota (Perwal).

Akan tetapi diperoleh informasi dari salah seorang bakal caleg yang enggan disebutkan identitasnya. Untuk biaya pengurusan suket berbadan sehat itu, yakni Rp1.350.000 per orang. Meliputi pemeriksaan jasmani dan rohani dari melibatkan dr Psikiater.
Lalu, pemeriksaan fisik tensi, dan pemeriksaan penyakit dalam. (ria/idr)

  • Bagikan