Mahasiswa KKLP STISIP Veteran Palopo Dilindungi BPJamsostek

  • Bagikan

BPJamsostek saat menyerahkan kartu peserta mahasiswa KKLP STISIP Veteran Palopo secara simbolis.ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Palopo atau BPJamsostek menjalin kerjasama dengan STISIP Veteran Palopo dalam hal pelaksanaan perlindungan bagi mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan Plus (KKLP) Angkatan XXXI Tahun 2023.

Kerja sama yang dimaksud adalah perlindungan untuk mahasiswa yang melaksanakan KKLP tahun 2023 yang tersebar di Kota Palopo, Kabupaten Luwu Utara, dan Kabupaten Luwu Timur.

Adapun pelaksanaan KKLP dimulai Jumat 5 Mei 2023 hingga Senin 5 Juni 2023, dimana sekitar 69 mahasiswa terlindungi program jaminan sosial ketenagakerjaan tersebut.

Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Palopo, Rusdiansyah menyampaikan, mahasiswa yang melaksanakaan KKLP wajib mendapat perlindungan karena mereka nantinya melakukan akivitas kerja sehingga saat melakukan aktivitas tersebut bisa menimbulkan resiko.

"Mahasiswa tersebut harus dilindungi, melalui kerja sama ini maka semua mahasiswa yang ikut KKLP terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagkerjaan sehingga mahasiswa akan terlindung dua program yaitu Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian," katanya, Kamis 4 Mei 2023.

Rusdiansyah juga berterima kasih kepada Pimpinan STISIP Veteran Palopo karena mendaftarkan mahasiswanya dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Kami berharap ini berkelanjutan demi terlindunginya mahasiswa STISIP Veteran Palopo saat KKLP dimana kerja sama dengan STISIP Veteran Palopo telah terjalin setiap tahun nya agar resiko yang terjadi telah dialihkan ke BPJamsostek,'' sebutnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Pembina STISIP Veteran Palopo, Andi Sulolipu Sulthani, S.AN menyampaikan sambutannya KKLP ini bukan hanya sekedar pergi kesuatu tempat tetapi juga membawa segala macam atribut dan karakter kampus kita untuk itu berikan yang terbaik di masyarakat.

Ketua STISIP Veteran Palopo Drs. Abdul Salam Thamrin., M.Si menyampaikan pelaksanaan KKLP ini merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu salah satunya pengabdian kepada masyarakat, STISIP Veteran Palopo telah melakukan kerjasama setiap tahunnya mendaftarkan peserta KKLP karena untuk menghindari resiko.

Iuran kepesertaan mahasiswa STISIP Veteran Palopo hanya Rp16.800 per mahasiswa dengan manfaat bila terjadi resiko kecelakaan kerja seluruh biaya perawatan yang timbul akibat kecelakaan tersebut seluruhnya ditanggung oleh BPJamsostek dan santunan kematian akibat Kecelakaan Kerja sebesar Rp70.000.000, manfaat Jaminan kematian sebesar Rp42.000.000.(rhm)

  • Bagikan