Final Copa del Rey Real Madrid vs Osasuna, Los Blancos Kejar Sejarah 20 Kali Angkat Trophy

  • Bagikan
Karim Benzema pemain kunci Real Madrid di depan. --twitter--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SPANYOL-- Misi besar diemban Real Madrid dalam ajang final Copa del Rey atau Piala Raja Spanyol saat menjajal Osasuna. Yah, Los Blancos, julukan Real Madrid, akan bermain sengit untuk dapat memenangkan partai ini untuk dapat merebut trophi yang ke-20.

Partai ini sendiri akan tersaji di Stadion La Cartuja, Sevilla, 7 Mei 2023 mulai pukul 04.00 Wita.

Tim asuhan Carlo Ancelotti ini sebelumnya, berhasil melangkah ke final usai mengalahkan Barcelona di semi-final. Sedangkan Osasuna berhasil mengalahkan Athletic Bilbao untuk mencapai final untuk kedua kalinya.

Madrid memang 'terbebani' dalam laga ini. Karena, ini merupakan gelar yang akan diraihnya musim ini. Madrid sendiri tidak akan dapat mempertahankan gelar La Liga musim ini. Karena, saat ini berada di peringkat tiga klasemen. 14 poin di belakang pemuncak klasemen, Barcelona, dengan lima pertandingan tersisa.

Los Blancos hanya berharap menikmati akhir musim yang sukses, dengan peluang untuk meraih gelar Copa del Rey dan Liga Champions.

Tim asuhan Ancelotti akan menghadapi Manchester City di babak semi-final Piala Eropa, dengan pertandingan leg pertama babak empat besar akan dilangsungkan di Bernabeu pekan depan.

Tapi, fokus utama Real Madrid adalah pertandingan final Copa del Rey, dengan tim raksasa ibukota ini akan berusaha untuk memenangkan kompetisi ini untuk pertama kalinya sejak tahun 2014, dan sebuah kemenangan akan membuat mereka meraih 20 trofi dalam kompetisi ini.

Bagaimana dengan Osasuna? Tim ini tidak diragukan lagi. Meski mereka merupakan tim yang tidak diunggulkan dalam pertandingan final akhir pekan ini, namun Los Rojillos berusaha untuk memenangkan kompetisi ini untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Tim yang berbasis di Pamplona ini pernah mencapai final Copa del Rey di tahun 2005. Tapi, kalah atas Real Betis. Namun, mereka belum pernah tampil baik di kompetisi ini dan tersingkir di babak 32 besar musim lalu.

Tim asuhan Jagoba Arrasate telah mengalahkan Fuentes, Arnedo, Gimnastic Tarragona, Real Betis, Sevilla dan Athletic Bilbao untuk melaju ke final, mengalahkan tim yang disebut terakhir dengan skor 2-1 di semi final bulan lalu.

Para pemain Real Madrid siap menghadapi Osasuna besok subuh. --twitter--

Osasuna akan memasuki pertandingan ini dengan kekalahan beruntun di liga dari Real Sociedad dan Barcelona, yang membuat mereka turun ke posisi kesembilan di klasemen, namun mereka hanya tertinggal lima poin dari tim peringkat keenam, Real Betis, dan masih dapat meraih satu tempat di kompetisi Eropa musim depan melalui La Liga.

Los Rojillos belum pernah berhasil mengalahkan Real Madrid di kompetisi apapun sejak pertandingan La Liga pada Januari 2011, sementara mereka mengalami kekalahan 2-0 saat kedua tim terakhir kali bertemu di Pamplona pada bulan Februari lalu, namun tim asuhan Arrasate tentu saja bisa mengambil hikmah dari beberapa penampilan inkonsisten dari raksasa ibukota tersebut dalam beberapa pekan terakhir.

Pada partai ini sendiri, Real Madrid akan kembali tidak dapat memainkan Ferland Mendy karena masalah pada betisnya, namun sang pemain internasional Perancis merupakan satu-satunya pemain yang dipastikan absen saat ini.

David Alaba dan Luka Modric sedang berjuang untuk pulih dari masalah hamstring tepat waktu untuk pertandingan ini, namun sepertinya mereka akan berada di bangku cadangan jika mereka berhasil masuk ke dalam tim.

Karim Benzema diistirahatkan saat menghadapi Real Sociedad dan akan dapat kembali bermain di sini, sedangkan Vinicius Junior dan Eduardo Camavinga juga akan kembali bermain setelah menjalani skorsing di pertandingan sebelumnya.

Aurelien Tchouameni dapat mengambil keuntungan dari masalah cedera yang dialami Modric untuk menjadi pemain starter di lini tengah, sedangkan Federico Valverde juga dapat bermain lebih ke dalam dan memberi kesempatan kepada Rodrygo untuk bermain di sepertiga akhir.

Sedangkan untuk Osasuna, Darko Brasanac harus absen untuk musim ini karena cedera lutut yang serius, namun Arrasate berharap David Garcia dan Nacho Vidal dapat tampil untuk seleksi di hari Sabtu.

Jon Moncayola juga akan kembali pada akhir pekan ini, dengan pemain asal Spanyol itu absen melawan Barcelona di liga pada Selasa malam karena skorsing.

Kike Garcia, Juan Cruz, Aridane Hernandez dan Moi Gomez juga akan kembali ke dalam tim inti, sementara Sergio Herrera telah menjadi penjaga gawang Osasuna di Copa del Rey musim ini, dan oleh karena itu pemain berusia 29 tahun ini akan tampil di bawah mistar gawang di Sevilla pada hari Sabtu malam.

KESEMPATAN MADRID

Ini jadi kesempatan emas bagi Real Madrid untuk mendapatkan gelar ke-20 Copa del Rey sekaligus membuat rekor mereka di final Piala Raja jadi 50 persen berbanding 50 persen.
Pasalnya, dari 39 percobaan terdahulu, Madrid tercatat 20 kali kandas sebagai runner-up.
Terakhir kali Real Madrid lolos ke final Copa del Rey sudah terjadi 9 tahun lampau, tepatnya pada musim 2013/2014.

Ketika itu, Los Blancos mampu mengalahkan Barcelona lewat gol solo run Gareth Bale yang melewati Marc Bartra dari setengah lapangan.

Sementara itu, kekalahan terakhir Real Madrid di final Copa del Rey terjadi pada musim 2012/2013. Saat itu, Los Blancos ditundukkan oleh rival sekota mereka, Atletico Madrid.
Sebaliknya bagi Osasuna, ini adalah final Copa del Rey kedua mereka sepanjang klub itu berdiri sejak 1920. Satu-satunya final Piala Raja yang melibatkan klub asal Pamplona itu sebelum tahun ini adalah pada musim 2004/2005.

Kala itu, bermain di Vicente Calderon, Madrid, Osasuna dijatuhkan Real Betis dengan skor 1-2.

Uniknya, dengan lolosnya Real Madrid dan Osasuna ke final Copa del Rey 2023, ini berarti dalam 5 musim terakhir, Copa del Rey akan selalu memiliki juara berbeda. Tren dimulai dari Valencia (2019), Real Sociedad (2020), Barcelona (2021), Real Betis (2022), dan kini Osasuna atau Real Madrid (2023). (*/uce)

Prediksi Pemain

Real Madrid:
Courtois; Carvajal, Militao, Rudiger, Camavinga; Valverde, Tchouameni, Kroos; Rodrygo, Benzema, Vinicius

Osasuna:
Herrera; Moncayola, Aridane, D Garcia, Cruz; Torro, M Gomez; R Garcia, Oroz, Ezzalzouli; Kike Garcia

Berikut ini daftar final Copa del Rey dalam 10 musim terakhir.

Musim Juara Runner-up Stadion Skor
2013–14 Real Madrid Barcelona Mestalla, Valencia 2-1
2014–15 Barcelona Athletic Bilbao Camp Nou, Barcelona 3-1
2015–16 Barcelona Sevilla Vicente Calderón, Madrid 2-0
2016–17 Barcelona Alavés Vicente Calderón, Madrid 3-1
2017–18 Barcelona Sevilla Metropolitano Stadium, Madrid 5-0
2018–19 Valencia Barcelona Benito Villamarín, Seville 2-1
2019–20 Real Sociedad Athletic Bilbao La Cartuja, Seville 1-0
2020–21 Barcelona Ath Bilbao La Cartuja, Seville 4-0
2021–22 Real Betis Valencia La Cartuja, Seville 1-1 (5-4 adu penalti)

Head to Head

Feb 18, 2023
Osasuna 0-2 Real Madrid

Oct 2, 2022
Real Madrid 1-1 Osasuna

Apr 20, 2022
Osasuna 1-3 Real Madrid

Oct 27, 2021
Real Madrid 0-0 Osasuna

May 1, 2021
Real Madrid 2-0 Osasuna

6 Laga Terakhir

Real Madrid

Real Sociedad 2-0 Real Madrid
Real Madrid 4-2 Almeria
Girona 4-2 Real Madrid
Real Madrid 2-0 Celta Vigo
Chelsea 0-2 Real Madrid
Cadiz 0-2 Real Madrid

Osasuna

Barcelona 1-0 Osasuna
Osasuna 0-2 Real Sociedad
Cadiz 0-1 Osasuna
Osasuna 3-2 Betis
Rayo Vallecano 2-1 Osasuna

Osasuna 2-1 Elche. (***)

  • Bagikan