Sekkot Firmanza Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Vokasi di BLK

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BALANDAI-- Sekretaris Daerah Kota Palopo Bapak Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si dalam hal ini mewakili Walikota Palopo membuka acara Pelatihan berbasis kompetensi program pendidikan dan pelatihan vokasi tahun anggaran 2023.

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh UPT Balai Latihan Kerja Kota Palopo binaan BBPVP Kota Makassar yang dilaksanakan di Aula BLK Kota Palopo, Selasa 9 Mei 2023.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Palopo, Asmiati, S.Sos menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah mempersiapkan tenaga kerja agar mampu beradaptasi dengan perubahan dunia kerja dan mampu menghadapi persaingan global yang semakin ketat.

Serta meningkatkan SDM yang unggul dan maju dan menciptakan generasi pekerja keras yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berdedikasi yang tinggi.

Dengan jumlah peserta sebanyak 64 orang yang terbagi dalam empat paket dan setiap paket terdiri dari 16 orang yaitu Pelatihan Penjaitan pakaian dengan mesin, Pelatihan computer operator assistant, Pelatihan junior make up artist dan Pelatihan barista.

Sambutan Walikota Palopo yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si menyampaikan sekilas yang dapat dipahami mengenai pelatihan berbasis kompetensi yakni pelatihan kerja yang menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja.

Pelatihan kerja seperti ini menekankan pembelajaran ke arah penciptaan dan peningkatan serangkaian kemampuan dan potensi peserta latih agar mampu mengantisipasi dan beradaptasi dengan tantangan dunia kerja.

Oleh karena itu berharap bahwa pelatihan ketenagakerjaan seperti ini menjadi bagian dari upaya konsolidasi berbagai elemen pemerintah dan stakeholder Ketenagakerjaan dalam memberikan wawasan, pengetahuan, keterampilan dan sikap mental.

Dilanjutkan penyematan tanda peserta pelatihan kepada masing-masing Perwakilan oleh Sekretaris Daerah Kota Palopo Drs. H. Firmanza DP, SH., M.Si.

Turut dihadiri Kepala BBPVP Makassar Serta Para Peserta serta para peserta pelatihan. (rls/ikh)

  • Bagikan