13 Parpol Dinyatakan Lengkap di Palopo

  • Bagikan
ILUSTRASI

Gelora Terakhir Ajukan Bacaleg, 5 Parpol Absen, KPU Mulai Vermin

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Sebanyak 13 partai politik (parpol) mendaftarkan bakal Calegnya (Bacaleg) di KPU Palopo, hingga waktu penutupan pendaftaran pukul 11.59 Wita, Ahad, 14 Mei 2023.

Parpol yang mendaftar terakhir adalah Partai Gelora.
Dari 13 Parpol yang mendaftar, 12 dinyatakan lengkap dan benar. Satu baru dinyatakan diterima.

Hal tersebut berdasarkan infografis berkop KPU Palopo tentang Partai Politik yang Mengajukan Bakal Calon Anggota DPRD Palopo Pemilu Tahun 2024, update data per tanggal 15 Mei 2023 pukul 00.33 Wita. (Parpol ajukan Bacaleg, lihat foto)

Komisioner KPU Palopo, Iswandi Ismail yang dikonfirmasi Palopo Pos, mengatakan, 13 Parpol mengajukan Bacaleg ke KPU Palopo, lima tidak mengajukan.

Adapun peserta Pileg 2024 yang tidak mendaftar sebanyak lima Parpol. Yakni Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Garuda, dan Partai Bulan Bintang (PBB), tambah Partai Ummat.

Berkas Gelora Terakhir
Partai Gelora Palopo sempat mengalami kendalan pada sistem informasi pencalonan (Silon) KPU, sehingga dengan status belum lengkap dan benar. Meskipun begitu, KPU tetap menerima berkas pengajuan partai Gelora tepatnya di hari terakhir waktu pengajuan. Akan tetapi hal itu sifatnya belum lengkap, sehingga KPU Palopo memberi waktu 2x24 jam.

Ketua KPU Palopo, Abbas Johan mengatakan terkait partai gelora menurut keterangannya bahwa silon susah mengakses dan berkas secara fisik yg mereka akan serahkan saat proses pendaftaran sudah lengkap hanya saja terkendala di Silon.

"Terkait dalam hal akses Silon yang terkandala tersebut KPU RI telah menurunkan surat No. 476 dan surat No. 475. Bahwa Partai Politik menyerahkan secara fisik berupa Formulir Model B. Pengajuan Parpol dan Formulir B. Daftar Bakal Calon. Sedangkan data dan dokumen persyaratan administrasi bakal calon dalam bentuk digital disampaikan melalui data isian exel.

Kemudian dalam hal diterima maka parpol bersangkutan berkewajiban mengupload data dimaksud paling lama 2x24 jam," terang Abbas Johan.

Pada Senin, 15 Mei 2023, Partai Gelora Palopo telah memasukkan berkas Bacaleg ke Silon KPU sekira pukul 16.00 Wita.

''Iya,tadi sudah masukkan data ke Silon KPU,'' kata Ketua DPD Partai Gelora Palopo, Budi Sada SIP MM kepada Palopo Pos, Senin sore.

Verifikasi Berkas
Komisi Pemilihan Umum (KPU) memulai verifikasi administrasi dokumen persyaratan bakal calon anggota legislatif (caleg) Pemilu Serentak 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari mengatakan 18 partai politik telah mengajukan bakal caleg Pemilu 2024 hingga Ahad (14/5) malam. Langkah berikutnya, KPU akan melanjutkannya dengan verifikasi para bacaleg dari parpol peserta pemilu.

"Mulai Senin, kegiatan KPU penelitian verifikasi dokumen persyaratan bakal calon," kata Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Ahad (14/5).

Hasyim berkata verifikasi administrasi dokumen caleg akan dilakukan KPU bersama partai politik. Dua pihak akan mengecek kebenaran dan keabsahan dokumen-dokumen bakal caleg.

Proses itu akan berlangsung hingga 23 Juni. Setelah itu, KPU membuka pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal caleg pada 26 Juni sampai 9 Juli.

Daftar calon sementara (DCS) akan diumumkan pada 19 Agustus hingga 23 Agustus. KPU akan membuka ruang untuk publik memberi masukan atas DCS. Mereka juga membuka ruang bagi parpol untuk memperbaiki data.

KPU bakal mengumumkan Daftar Calon Tetap (DCT) Pemilu Serentak 2024 pada 4 November. Pemungutan suara untuk Pileg akan digelar 14 Februari 2024.(rul/idr)

  • Bagikan